PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA 2024, PEGAWAI LPKA PALU KOMPAK KENAKAN PAKAIAN ADAT

/ Sabtu, 01 Juni 2024 / 10.28

TOPINFORMASI.COM,PALU – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu dibawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Sabtu, 1 Juni 2024 dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Menariknya dalam peringatan tersebut, seluruh jajaran tampak kompak memakai baju adat yang beranekaragam.

Bertempat di Halaman Kantor LPKA Palu, kegiatan diawali pengibaran bendera merah putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kegiatan dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa. Selanjutnya pembacaan teks pancasila oleh Inspektur Upacara dan pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945.

Selaku Inspektur Upacara yaitu Yeffri Haryanto Balili, Kepala Seksi Registrasi pada kesempatan ini mengenakan baju adat jawa membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai- nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Yeffry menambahkan bahwa pada momen lahirnya Pancasila, LPKA Palu juga terus berupaya memberikan penguatan-penguatan ideologi negara kepada para anak binaan guna menciptakan generasi muda yang hebat dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 seusai dengan tema kali ini.

Tak hanya itu, yeffri juga tampak mengenakan penutup kepala yang disebut blankon menjadi pelengkap busana yang ia kenakan saat itu.

Dengan penuh semangat kebersamaan, pelaksanaan upacara kali ini terasa khidmat dengan balutan busana yang menggambarkan beragam budaya di Indonesia. Hal ini juga merupakan instruksi dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Sementara itu, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengungkapkan dalam memeriahkan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 pihaknya terus berinovasi dengan memberikan penguatan kepada para anak binaan.

“Setiap harinya para anak binaan terus kita berikan penguatan akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Revanda

Di tempat terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan upacara ini, serta berpesan agar jajarannya dapat memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila dengan penuh suka cita.

“Mari kita semua bahu membahu membumikan nilai-nilai pacasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ajak Kakanwil Hermansyah 

Kakanwil Hermansyah juga memberikan apresiasi kepada jajaran di LPKA Palu yang mengenakan pakaian adat paling “kompak” dan totalitas.

Kegiatan ini diakhiri dengan menonton bersama siaran langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Riau melalui kanal Youtube.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini