Pemprovsu Fasilitasi Akses Jalan untuk Warga Sekitar Terminal Lubuk Pakam, Pembangunan Tahap II Segera Dilaksanakan

/ Selasa, 07 Mei 2024 / 05.55

TOPINFORMASI.COM,Deli Serdang, - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Perhubungan Provsu memfasilitasi akses jalan bagi warga sekitar terminal Lubuk Pakam. Demikian kesimpulan yang diambil dalam rapat sosialisasi persiapan pembangunan tahap II terminal tersebut, di ruang rapat terminal Lubuk Pakam, Deli Serdang, Senin (6/5). 

Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan mengatakan, Pemprovsu melalui Dishub Sumut siap memberikan akses jalan selebar 3 meter di sisi pagar bagian timur terminal. "Keberadaan Terminal harus memberikan dampak positif bukan saja kepada penumpang angkutan umum, tapi kami ingin memastikan kepentingan warga sekitar terpenuhi," ujar Agustinus. 

Lebih jauh Agustinus mengatakan, sebelum pembangunan terminal Lubuk Pakam, warga sekitar terminal mempunyai akses langsung ke terminal, namun, merujuk kepada ketentuan teknis terkait operasional terminal, daerah lingkungan kerja terminal harus steril dari aktivitas lainnya. Namun fakta di lapangan saat ini, jika warga di sisi timur dan selatan tidak memiliki akses keluar lain selain melalui lahan terminal. 

"Untuk itu Dishub Sumut memfasilitasi penyediaan akses agar aktivitas sehari-hari mereka, serta mendukung kelancaran proses pembangunan terminal tahap II. Prinsipnya akses jalan tersebut tetap menjadi bagian dari aset terminal, namun bisa digunakan oleh warga sekitar," tambahnya. 

Agustinus menjelaskan bahwa kita sudah mempersiapkan kelanjutan pembangunan terminal yang mencakup pembangunan pagar dan area parkir terminal, namun karena selama ini warga menggunakan akses keluar/masuk melalui lahan terminal, maka Dishub Sumut perlu berdiskusi dengan warga sekitar dan mereka sangat menyambut baik kebijakan yang diambil.

Agustinus menambahkan, Terminal Lubuk Pakam mengusung konsep mix use, yang menyediakan fasilitas lain di luar fungsi naik/turun penumpang, sehingga diharapkan akan lebih menarik bagi pengunjung. Terminal Lubuk Pakam juga akan menjadi salah satu simpul pelayanan angkutan Bus  Rapid Transit /BRT Mebidang, melalui dukungan pembiayaan World Bank. "Kami pastikan pengoperasian terminal  ini akan memudahkan warga sekitar untuk mendapatkan kemudahan layanan angkutan umum BRT Mebidang," jelas Agustinus. 

Barus, seorang warga yang tinggal di belakang terminal, menyambut baik keputusan ini dan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas langkah Pemprovsu tersebut. Ia juga menyatakan kesiapannya untuk berkontribusi secara sukarela, termasuk dengan melakukan penebangan pohon demi memperlancar pembuatan akses jalan tersebut.

Nur Ina Rahayu, mewakili Badan Keuangan dan Aset Daerah, Provsu mengatakan, anggaran untuk pembangunan terminal Lubuk Pakam tahap II sudah tersedia dan mendukung penyediaan akses tersebut. Sekcam Lubuk Pakam, Rudi Harmoko, menyatakan dukungan penuh terhadap pembangunan terminal ini dan mengapresiasi perbaikan akses jalan.

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak terkait, termasuk Pemkab Deli Serdang, serta antusiasme tinggi dari masyarakat sekitar, pembangunan terminal tipe-B di Lubuk Pakam Š¢ahap II semakin mendekati realisasi. Langkah-langkah konkret yang diambil menunjukkan komitmen yang kuat para pihak dalam mewujudkan infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat. (*)
Komentar Anda

Berita Terkini