Kadishub Sumut Lepas 120 Pemudik Naik Kereta Api dalam Program Mudik Gratis PLN

/ Jumat, 05 April 2024 / 18.05
TOPINFORMASI.COM,Medan, - Kadishub Sumut, Dr. Agustinus Panjaitan melepas keberangkatan 120 pemudik yang naik kereta api eksekutif dari Stasiun Besar Kereta Api Medan pada Jumat (5/4/2024). Para pemudik ini diberangkatkan agar bisa berkumpul  dengan keluarga tercinta dalam momen bersejarah yakni merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di kampung halaman. 

Acara pelepasan ini merupakan bagian dari program "Mudik Asyik Bersama BUMN 2024" yang diinisiasi oleh PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara. Melalui program mudik gratis ini, PLN memberangkatkan 1.000 pemudik khusus wilayah Sumut. 

Saat pelepasan itu, Kadishub Sumut Agustinus Panjaitan, didampingi oleh Kabid Perkeretaapian dan Pengembangan, Muchsin Harahap, dan Kepala Seksi Pemadu Moda dan Teknologi Perhubungan, Benry Simanjuntak. "Selamat menikmati perjalanan, saya doakan selamat sampai tujuan, sehingga bisa bertemu dengan orangtua atau sanak saudara terkasih untuk merayakan lebaran bersama di kampung halaman. Semoga mudik kali ini membawa keceriaan dan penuh makna buat kita semua," pesan Agustinus sesaat sebelum melepas para pemudik.

Usai memberikan pesan selamat menikmati perjalanan para pemudik, Kadishub Sumut turun dari gerbong kereta api, dan kemudian mengambil posisi berdiri di tepi rel lalu mengangkat tongkat semboyan 40 sebagai tanda agar kereta api segera berangkat. Sejurus kemudian kereta api eksekutif yang memboyong 120 pemudik perlahan bergerak meninggalkan stasiun besar Medan menuju Rantauprapat, kota yang dituju.

Agustinus menjelaskan, program mudik ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan layanan transportasi gratis kepada masyarakat, tetapi juga untuk mendorong penggunaan kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan serta mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kendaraan pribadi.

Mohamad Arie Fathurrochman, Vice President PT KAI, Divisi Regional I, Sumut melalui Manajer Angkutan, Dian, mengungkapkan bahwa pelepasan peserta mudik dengan transportasi kereta api dilakukan dalam dua sesi, yaitu pada pukul 08.45 WIB dan 15.45 WIB. Totalnya, 240 peserta mudik menggunakan kereta api.

"Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mendaftar dan berpartisipasi dalam program ini. Semoga perjalanan berkumpul dengan keluarga berjalan dengan lancar," pungkas Dian.
Komentar Anda

Berita Terkini