PESTA DEMOKRASI, 12 ANAK BINAAN LPKA PALU SALURKAN HAK PILIHNYA

/ Rabu, 14 Februari 2024 / 20.45

TOPINFORMASI.COM,PALU_Sebanyak 12 orang Anak Binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Rabu, (14/2) Pagi.

12 orang Anak Binaan tersebut, menyalurkan hak pilihnya didalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus yang terdapat pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu dengan pengawalan ketat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar menyampaikan , bahwa hal tersbut merupakan bentuk hak konstitusi yang juga dimiliki oleh para Warga Binaan ataupun Anak Binaan yang telah berusia 17 tahun keatas.

“Mereka adalah warga negara Indonesia, yang juga turut berpartisipasi dalam menyumbangkan suara dalam semarak Pemilu 2024 guna menentukan calon pemimpin bangsa ini,” jelas Hermansyah.

Selanjutnya, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun menerangkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi secara terus menerus bersama pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu maupun Provinsi Sulawesi Tengah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu dalam mempersiapkan Pemilu 2024.

“Hari ini telah tiba, benar kita tidak dapat mendirikan TPS karena jumlah pemilihnya kurang dari batas yang ditentukan, jadi kita bersama-sama dengan anak binaan untuk melakukan pemilihan di TPS 902 dan 903 pada Lapas Kelas IIA Palu,” terang Revanda

Ia juga turut menambahkan bahwa jajarannya telah memberikan penguatan dan edukasi kepada seluruh anak binaan agar suara mereka sah dalam perhitungan nantinya. Hal ini merupakan komitmen bersama yang dibangun guna mewujudkan Pemilu yang demokratis, bersih dan akuntabel.

“Dari total 24 orang anak, diantaranya 12 orang dapat menyalurkan hak suaranya. Yang pastinya kita terus mengawal agar hak suara mereka dapat tersalurkan secara sah,” tambahnya

Sementara itu, ada hal yang menarik dalam prosesi Pemilu kali ini, selain 12 anak binaan merupakan pemilih pemula, mereka juga berasal dari beberapa daerah di Sulawesi Tengah, AR salah satu Anak Binaan mengaku senang menyalurkan hak pilihnya, meski sebatas mengetahui melalui saluran televisi, ia berharap agar pimpinan yang selanjutnya akan membawa Indonesia lebih maju dan dapat menyejahterakan seluruh rakyat.

“Akhirnya hari ini tiba, ini kali pertama saya melakukan pemilihan, semoga saja para pimpinan selanjutnya dapat membawa Indonesia lebih maju lagi,” tuturnya

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini