TINGKATKAN KAPASITAS DIRI, LPKA PALU BERIKAN KONSELING YANG RAMAH ANAK

/ Selasa, 16 Januari 2024 / 17.59

TOPINFORMASI.COM,PALU_Tingkatkan kapasitas diri, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu berikan konseling yang ramah anak untuk seluruh Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), Selasa (16/1) Pagi.

Untuk membangkitkan kepekaan diri dan kepekaan sosial dalam diri anak binaan (sebutan ABH LPKA), Tim Petugas Kesehatan LPKA Palu yakni Umi Ayu Soraya, Lise Apole, Ni Made Lisnawati, berikan pendampingan untuk kesehatan mental anak binaan.

Adapun tujuan dari kegiatan konseling hari ini yakni untuk melatih hati dan fikiran anak binaan untuk peka terhadap lingkungan sekitar, Sehingga mampu menumbuhkan rasa simpati/empati dalam diri anak binaan.

Kegiatan konseling hari ini diikuti oleh 4 orang anak binaan, yang sebelumnya para anak binaan telah di bagi menjadi 5 kelompok. Sehingga pada pelaksanaannya dilakukan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Umi Ayu Soraya, mengatakan bahwa dengan adanya konseling ini berarti kita dapat mengawal tumbuh kembang setiap anak. 

“Kegiatan ini merupakan bagian dari hak kesehatan anak, jadi dengan pembimbingan seperti ini, stigma negatif orang tua terhadap bimbingan psikolog bisa terpatahkan. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam mengawal tumbuh kembang anak menjadi lebih baik lagi,” ucap Umi.

Untuk diketahui, sebelumnya para petugas kesehatan di LPKA Palu telah mendapat pelatihan khusus oleh tenaga Psikolog dari IPKI (Ikatan Psikolog Klinis Indonesia) Sulawesi Tengah untuk membantu memberikan bimbingan dalam mewujudkan kesehatan mental anak yang baik dan juga wujud nyata mendukung kota Layak dan Ramah Anak.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini