OLAH BARANG BEKAS, LPKA PALU AJAK ABH CIPTAKAN KARYA SENI

/ Sabtu, 06 Januari 2024 / 14.17

TOPINFORMASI.COM,PALU_Awali pembelajaran di Tahun 2024 dengan mengolah barang-barang bekas, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu ajak Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) ciptakan karya seni dengan menggunakan tutup botol plastik dan koran bekas, Sabtu (6/1) pagi.

Bertempat di Aula Terbuka Hunian, kegiatan ini dipimpin oleh Henny selaku Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan, bersama 3 orang stafnya yakni Fandu, Douglas dan Annisaa serta diikuti oleh 22 orang anak binaan. 

Sebelum memulainya, Henny terlebih dahulu menjelaskan tujuan dan manfaat kegiatan tersebut merupakan bentuk implementasi dari Kurikulum Merdeka yang di dalamnya terdapat Proyek Penguatan serta Peningkatan Kreatifitas.

Dirinya juga menambahkan dengan memanfaatkan bahan dan alat seadanya dapat mengurangi pembuangan limbah plastik melalui daur ulang menjadi sesuatu yang memiliki nilai seni dan nilai jual. 

Berbekal bahan tutup botol plastik, koran bekas, pita berwarna, dan lem tembak, terlihat seluruh ABH mengerjakan proyek yang telah di tentukan berdasarkan kelompoknya masing-masing.

"Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini. Semoga ke depannya terus berkembang dan memberikan manfaat positif bagi pendidikan ABH LPKA Palu," ujarnya. 

Terlihat beberapa ABH sedang menggunting dan menggulung koran bekas sesuai dengan karya yang akan dibuat, kemudian ditempel dan disusun hingga membentuk sebuah hiasan. 

Selain itu, terlihat juga kelompok lain yang mulai mengkreasikan tutup botol bekas dengan cara ditata dan disusun rapi hingga terlihat bentuknya sesuai tempat yang akan dibuat.

Pada momen itu, Annisa mengungkapkan kegiatan semacam ini akan memberikan suasana belajar yang berbeda dari biasanya. Para ABH akan terus berkembang dengan menciptakan inovasi, dengan begitu manfaat positifnya bisa dirasakan langsung oleh mereka. 

Pembelajaran berlangsung dengan lancar dan kondusif, seluruh ABH bersemangat dan sangat antusias, bahkan beberapa dari mereka ingin membuat proyek ini di rumah bersama orang tuanya saat bebas nanti. "Saya sangat senang, saya ingin belajar dan membuat kreatifitas lain dari tutup botol bekas lagi bersama ibu di rumah," ungkap AR salah satu ABH LPKA Palu. 

Dilain sisi, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun memberikan apresiasi kepada jajaran seksi pembinaan yang terus berupaya menghadirkan program pembinaan guna menciptakan ABH yang cerdas dan kreatif.

Ia juga menjelaskan hasil karya para ABH ini akan siap untuk dipamerkan kepada masyarakat sebagai bukti nyata proses pembinaan yang berlangsung di LPKA Palu.

"Kami siap untuk memajukan daerah dengan menciptakan generasi muda yang unggul, serta akan selalu menjalin kerjasama dengan stakeholders terkait serta para pemerhati anak guna mendukung tumbuh kembang bagi setiap ABH LPKA Palu," pungkasnya

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini