LPKA PALU LAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN RUTIN MELALUI PROGRAM POSYANDU REMAJA

/ Senin, 11 Desember 2023 / 15.08

TOPINFORMASI.COM,PALU_ Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu laksanakan pemeriksaan kesehatan rutin seluruh anak binaannya lewat kegiatan Posyandu Remaja, Senin (11/12) Pagi.

Kegiatan Posyandu Remaja diperuntukkan untuk seluruh remaja. Oleh karena itu Petugas Kesehatan LPKA Palu mengadakan kegiatan ini untuk mengetahui kesehatan fisik dan mental dalam membantu perkembangan anak binaannya. 

Bertempat di Ruang Klinik Ceria, Para keder Kesehatan yang merupakan anak binaan LPKA Palu didampingi oleh Petugas Kesehatan, melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh anak binaan LPKA Palu. Kegiatan ini bertujuan sebagai deteksi / screening dini peyakit yang diderita oleh anak binaan melalui keluhan-keluhan yang disampaikan Untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan pengobatan oleh Petugas Kesehatan LPKA Palu.

Umi Ayu Soraya dan Ni Made Lisnawati, selaku Petugas Medis yang turut mendampingi dan pengawasi pemeriksaan kesehatan ini, sangat senang dengan antusias anak yang secara bergantian datang ke klinik untuk memeriksakan kesehatannya.

Umi Ayu mengatakan setiap anak yang datang memeriksakan kesehatan akan dilakukan pemeriksaan awal oleh Kader Kesehatan. “Pemeriksaan awal ini meliputi kegiatan pengukuran tinggi, berat badan, suhu badan, tensi, dan mencatat keluhan masing-masing anak, yang selanjutnya akan kami ambil tindakan jika ada anak yang membutuhkan pertologan medis,” Jelas Umi.

Selanjutnya Umi juga menambahkan, kegiatan Posyandu Remaja melatih para kader kesehatan untuk memberikan informasi dan pengetahuan terhadap kesehatan remaja. “Para kader merupakan anak binaan LPKA Palu, yang telah kami pilih dan latih sebelumnya bersama para dokter dan petugas kesehatan dari Puskesmas Bulili. Para Kader bertugas memberikan informasi-informasi penting seputar kesehatan remaja dan sebagai sarana sosialisasi dalam melaksanakan pemeriksaan awal kesehatan,” tambahnya. 

Salah seorang anak binaan RF mengatakan sangat senang dan bangga dirinya ikut terlibat dalam kegiatan Posyandu Remaja di Klinik Ceria. “ini merupakan pengalaman baru dan saya merasa bangga karena saya dapat menjadi kader kesehatan di Klinik Ceria. Dalam menjalankan amanah ini saya memulainya dari diri sendiri dengan menjadi contoh yang baik dalam menjaga kesehatan dan pola hidup. Saya juga akan terus membantu petugas Kesehatan dalam memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan di usia remaja,” Ucap RF.

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini