KPU Batubara Gelar Ngobrol Pemilu Santai Bersama Awak Media

/ Selasa, 05 Desember 2023 / 15.17
 

Batubara. Topinformasi.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batubara gelar Ngopi (Ngobrol Pemilu) Santai bersama wartawan di aula Fatner Coffe, di jalan lintas Sumatera, Lima Puluh Kabupaten Batubara dengan tema Stop Berita Hoax. Selasa 5/12/2023.

Plh Ketua KPU Batubara Husnul Zein dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk memsosialisasikan, bagaimana dalam mengantisipasi berita hoax menjelang pemilu yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang.

Bahwa, KPU akan mengunakan pemanfaatan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) sebagai alat bantu telah berhasil menghadirkan keterbukaan (Transparansi) pada Pemilihan, dan KPU pun berkomitmen untuk terus memanfaatkan keunggulan Sirekap ini pada Pemilu nanti.

Dikatakan Husnul, sistem Sirekap yang di apload oleh petugas PPS dan PPK di hari - H dari masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemungutan suara, dan itu bisa di cek melalui situs Infopemilu.kpu.id, "ujarnya.

Pada pemilu nanti ada lima warna kertas suara yang akan dicoblos oleh masyarakat, abu-abu untuk pemilihan Presiden, merah untuk pemilihan DPD RI, kuning untuk pemilihan DPR RI, Biru untuk pemilihan DPRD Provinsi, dan Hijau untuk pemilihan DPRD Kabupaten.

"Untuk pemilu 2024 di Kabupaten Batubara dari 12 Kecamatan 151 Desa dan Kelurahan tersedia 1.446 TPS dengan jumlah DPT  316.635, "jelas Husnul.

Dalam kegiatan ngopi pemilu KPU menghadirkan narasumber Ketua PWI Kabupaten Batubara Mhd Dian Safei,S.Sos. Dia memaparkan bahwa seluruh pihak berkomitmen dalam menyukseskan pemilu 2024 tidak terkecuali peran Pres media masa.

Sebagaimana, pengertian Pers Sesuai Undang - undangan (UU) Nomor 40 tentang Pers, oleh sebab itu, diperlukan berita yang berimbang dan memberikan kesempatan kepada semua pihak.

"Pers juga dapat berperan sebagai penyampai informasi yang akurat, sekaligus penangkal berita hoax yang biasanya massif tersebar saat pemilu berlangsung," ucapnya. (dr)
Komentar Anda

Berita Terkini