Nama Norma Deli Siregar Menguat Calon Pj Bupati Batubara 2024

/ Selasa, 14 November 2023 / 19.14

Batubara. Topinformasi.com
Tanah Betuah Batubara mulai dihebohkan dengan mencuatnya tiga (3) nama calon Pj Bupati Batubara. Dari 3 nama masing-masing, Norma Deli Siregar, S.E, M.M Penata Muda yang saat ini menjabat sebagai Sekdakab Batubara, Drs. H Asren Nasution, M.A (saat ini menjabat sebagai Kadisdik Pemprop Sumut) dan Aattaruddin, S.PD, M.M, (staf ahli yang saat ini menjabat sebagai assisten III pemkab Baru Bara). Selasa 14/11/2023.

Ketiga nama itupun menjadi trending topik soal siapa yang akan menyandang jabatan sebagai Pj (Penjabat) Bupati Batubara pengganti Bupati saat ini, Ir. H. Zahir M.A.P yang akan memasuki masa Purna Jabatan sebagai Kepala Daerah Kabupaten Batubara.

Pro dan kontra mengenai siapa sosok yang lebih layak sebagai Pj Bupati nanti saat ini kian memanas, spekulasi pandangan dan pemikiran para tokoh dari berbagai kalanganpun bermunculan. Bahkan unsur Politis juga acap mewarnai rasa suka atau tidak suka terhadap nama yang diusulkan sebagai Pj Bupati.

Mengutip pernyataan Azuar Simanjuntak SE salah seorang anggota Komisi 2 DPRD Batubara dari Fraksi Demokrat, pihak legislatif sendiri sudah melaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka mengajukan tiga (3) nama usulan sebagai calon Pejabat (Pj) Bupati Batubara. 

Hal ini sesuai dengan surat Nomor: 131/2575, tanggal 7 Juli 2023 yang ditandatangani Ketua DPRD Batubara, M. Safi'i SH. Dalam surat yang ditujukan ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) RI. Disebutkan DPRD prihal surat usulan Pj Bupati Batubara berdasarkan surat dari Sekjen Kemendagri.

Menanggapi pro kontra 3 nama calon Pj Bupati Batubara nanti, Ketua Dewan Penasehat DPC Pro Jurnalismedia Siber (PJS) Batubara, Drs. Ebson A Pasaribu menjelaskan, DPRD memiliki hak atas pengususlan nama calon pejabat Bupati berdasarkan amanat Pasal 9 ayat 1 huruf C dan ayat 4 Permendagri nomor 4 tahun 2023.

Menurut Ebson,, tentang pejabat Bupati juga diatur dalam amanat pasal 201 ayat 9 dan ayat 11 UU nomor 10 tahun 2016, tentang perubahan kedua atas UU nomor 1 tahun 2015, tentang penetapan PP pengganti UU nomor 1 tahun 2014, tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU.

"Prihal Pj Bupati dimaksudkan guna mengisi kekosongan jabatan Bupati/Walikota yang berakhir masa jabatannya tahun 2023, maka diangkatlah pejabat Bupati/Walikota dengan persyaratan pejabat Bupati tersebut berasal dari Jabatan Tinggi Pratama," jelasnya. 

Dari masing-masing nama yang diusulkan, ketiganya memiliki latar belakang berbeda, dan sama-sama punya segudang pengalaman dalam Birokrasi. Hal itu juga yang akan menjadi pertimbangan dalam menetapkan Pejabat Bupati Batubara,"tutup Epson. 

Dari ketiga nama tersebut, nama Norma Deli Siregar menguat sebagai Pj Bupati Batubara. Selain berpengalaman dan tidak pernah bermasalah, Norma Deli Siregar telah meniti karir hingga menduduki jabatan strategis di Pemerintahan Kabupaten Batubara. Dimulai dari Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Inspektur pada Inspektorat, hingga jabatan saat ini Sekdakab Kabupaten Batubara. (dr)
Komentar Anda

Berita Terkini