SATOPSPATNAL LPKA PALU LAKUKAN PENGGELEDAHAN PADA KAMAR ABP, KA.LPKA PALU : KAMTIB ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI

/ Sabtu, 13 Mei 2023 / 13.56
TOPINFORMASI.COM,PALU_Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban serta menegakkan tugas pemasyarakatan sebagaimana mestinya, Satgas Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satopspatnal) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, lakukan penggeledahan kamar hunian Anak Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada hari ini, Jum’at (12/5).

Kegiatan penggeledahan kamar hunian ABP ini dipimpin langsung oleh Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, yang didampingi oleh Kepala Seksi Pengawasan, I Putu Arta Wibawa, Kepala Subbagian Umum, Antonius Andry, Kepala Subseksi Adminitrasi Pengawasan dan Penegakan Disiplin, Heri Purwono, berserta para Satopspatnal LPKA Palu yang turut juga menghadirkan beberapa anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Palu Selatan.

Sasaran penggeledahan saat itu adalah barang-barang terlarang yang tercantum dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan Pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.

Terlihat pada kesempatan itu Tim Satopspatnal LPKA Palu bersama tim Polsek Palu Selatan melakukan sejumlah penggeledahan pada ABP dan juga kamar hunian.

Dari penggeledahan tersebut, para petugas berhasil mengamankan beberapa benda yang berpotensi membahayakan kamtib pada area kamar hunian
Seusai melakukan penggeledahan, Revanda Bangun pun menyampaikan pesan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga yang menegaskan terkait besic to besic dan 3 hal utama yang menjadi kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu Deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, berantas peredaran narkotika, dan sinergi dengan aparat penegak hukum dan pihak terkait paparnya.

“Kegiatan penggeledahan kamar hunian ini rutin kami lakukan untuk menegakkan 3+1 Fungsi pemasyarakatan seperti yang disampaiakan Dirjenpas , oleh karena itu penyelenggaraan keamanan dan ketertiban (kamtib) menjadi prioritas utama untuk kami,” ujar Revanda.

Sementara itu, Franki, selaku salah satu anggota Polsek Palu Selatan yang saat itu bertugas membantu penggeladahan mengungkapkan, kekagumannya pada LPKA Palu terkait deteksi dini yang dilakukan untuk mencegah gangguan Kamtib.

“Kami mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh satuan Satopspatnal LPKA Palu untuk mencegah terjadinya gangguan kamtib pada blok-blok hunian di LPKA Palu, menurut kami ini dapat menjadi contoh yang baik kepada masyarakat dimana kita bisa memberi kepastian akan hukum dan keamanan di sekitar masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Putu Arta, Selaku Kasiwas, menyatakan bahwa jajarannya akan terus mengoptimalkan fungsi pengamana pada petugas jaga, agar situasi blok hunian di LPKA Palu tetap kondusif dan stabil
“Kami di seksi pengawasan akan memastikan seluruh tugas dan fungsi pengamanan pada petugas jaga terlaksana dengan baik, kami juga akan terus melakukan control blok setiap jamnya untuk memastikan situasi kamar hunian berlangsung dengan kondusif,” tutupnya.

Diharapkan LPKA Palu tetap dalam keadaan kondusif seusuai pelaksanaan penggeledahan ini. (ant)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini