PERTAMA KALI DIGELAR OLEH SHDP KEMENKUMHAM SULTENG, UMAT HINDU LPKA PALU TURUT SERTA MERIAHKAN DHARMA SANTI HARI RAYA NYEPI TAHUN 2023

/ Sabtu, 06 Mei 2023 / 12.58
TOPINFORMASI.COM,PALU_Moment gembira baru saja dirasakan para petugas dan staf beragama hindu pada jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng), setelah pertama kalinya Dharma Santi untuk merayakan Hari Raya Nyepi dan tahun baru Caka dilaksanakan, Jum’at,(5/5) sore.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Semeton Hindu Dharma Pengayoman (SHDP) Kanwil Kemenkumham Sulteng tersebut, turut di meriahkan oleh para petugas umat hindu di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu yang juga merupakan pengurus dari SHDP tersebut.

Bertempat di Aula Bangsal Garuda, Perayaan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Budi Argap Situngkir, Ketua Parisadha Hindu dharma Indonesia (PHDI) Sulawesi Tengah, I Wayan Sudiana, dengan di dampingi para Pimpinan Tinggi (Pimti) Kanwil Kemenkumham Sulteng serta para Kepala Satker pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kota Palu.

Kegiatan ini dibuka dengan suguhan beberapa tarian tradisional, yang salah satunya tari Puspanjali yang dibawakan oleh para penari dari Sanggar Puspa Nusantara.

“Saya merasa sangat terharu sekali, mohon maaf jika ada salah kata dalam pengucapan, jujur saja saya sangat gugup saat sebelum acara dimulai, namun setelah ada penampilan tarian, hati saya sangat tenang. Ini merupakan pertama kali saya ikuti kegiatan seperti ini selama saya bertugas. Saya merasa sangat bangga dalam mengikuti kegiatan ini,” tutur Budi dalam sambutannya.

Menanggapi sambutan Kepala Kantor Wilayah, I Wayan Sudiana mengaku senang dengan pegelaran Dharma Santi tersebut.  Dirinya pun menyampaikan beberapa pesan kebaikan dalam kegiatan yang berlangsung 2 jam tersebut.

“Kami senang untuk pertama kalinya Dharma Santi ini dilakukan di Kemenkumham Sulteng, kegiatan ini kiranya sama dengan halalbihalal kalau untuk masyarakat yang beragama islam. kami selaku seluruh umat hindu se-Sulteng memohon maaf jika ada kesalahan, mari kita tingkatkan netralisasi ditengah masa pemilihan yang akan datang. Untuk saudaraku yang beragama hindu mari tingkatkan perbuatan kebenaran, kesucian, keindahan dalam bertugas. Pedomani Ajaran Tri kaya parisudha, tatwan asi dalam beraktifitas sehari-hari maupun dalam bertugas,” ungkapnya.

Sementara itu, juga hadir langsung dalam kegiatan, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, mengatakan bahwa toleransi dalam beragama merupakan sikap yang di junjung tinggi oleh seluruh jajarannya di LPKA Palu, semua personel adalah keluarga dan saling merangkul satu sama lain.

“Kami ucapkan Selamat atas terselenggaranya Dharma Santi, semoga kita semua dalam kebaikan tuhan yang maha esa, di Moment Bahagia ini kami LPKA Palu selalu menjunjung tinggi kebersamaan dan toleransi, untuk semua adalah keluarga, tak melihat apapun latar belakang suku dan budayanya,” terangnya.
Kegiatan ini pun berlangsung tentram dan damai dimana seluruh hadirin dengan khidmat mendengarkan hikmah Nyepi yang menyentuh hati dengan makna luas tentang Dharma Agama dan Negara. (ant)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini