DUKUNG MAJUNYA KESEHATAN MENTAL DI SULAWESI TENGAH, LPKA PALU TERJUN LANGSUNG BERIKAN KONTRIBUSI DI ACARA PSIKO FEST 2023

/ Senin, 29 Mei 2023 / 21.45
TOPINFORMASI.COM,PALU_Guna mendukung kemajuan kesehatan mental pada masyarakat di Sulawesi Tengah, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu terjun langsung berikan kontribusinya pada acara Psiko Fest 2023, Minggu,(28/5) pagi.
Hal itu diketahui saat Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun di undang langsung sebagai salah satu pemateri dalam rangkaian acara tersebut yang berlokasi di Lantai tiga Palu Grand Mall (PGM), Jl. Diponegoro, Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.
Psiko Fest 2023 merupakan acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Sulawesi Tengah yang bertujuan sebagai bentuk kepedulian pada kondisi serta kesehatan mental masyarakat yang rangkain acaranya terdiri talkshow, Tes Psikologi gratis, Konseling gratis, dan donor darah.
Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan Ketua HIMPSI Sulteng, Hendrijete N Nuda, dan juga Wakil Walikota Palu, Reny A. Lamadjido.
Dalam sambutannya, Hendrijete, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang ikut serta mensukseskan acara Psiko Fest tersebut dan berharap Psiko Fest menjadi gerbang baru untuk meningkatkan kepedulian pada kesehatan mental khususnya di Sulawesi Tengah.
“Kami HIMPSI Sulteng mengucapkan terima kasih atas keterlibatan semua pihak untuk mensukseskan acara ini, acara ini merupakan bagian dari Road to Musyawarah Wilayah HIMPSI Sulteng, kami berharap di acara ini muncul kepekaan kita, kepedulian kita akan kesehatan mental, serta bagaimana kita bisa mencintai diri kita sendiri, sehingga bisa membangun Sulawesi Tengah mulai dari diri kita sendiri,” tuturnya.
Sementara itu, Wakil Walikota Palu, Renny pun mengaku sangat menyukai kegiatan seperti ini, dan mendorong agar kegiatan seperti ini bisa banyak dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat.
“Saya pikir kegiatan seperti ini harus bisa lebih banyak lagi dilaksankan ya, karena bisa dilihat sendiri sangat banyak manfaatnya dirasakan masyarakat, ada tes psikologi gratis, donor darah, dan talkshow juga, ini sangat bagus, komunitas lain kiranya dapat meniru ini, dan saya pun selalu siap hadir di kegiatan seperti ini,” ungkapnya dalam sambutan.
Seusai sambutan tersebut, kegiatan pun berlanjut dengan Talkshow yang mana Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun menjadi salah satu narasumber di dalamnya.
Dengan tema talkshow “Anak Barhadapan dengan Hukum” pada kesempatan tersebut, Revanda menyampaikan sejumlah informasi mengenai mekanisme hukum pada anak di LPKA dan juga bagaimana proses pembinaan anak tersebut termasuk pada pembinaan pada psikisnya.
“Dalam proses hukum pemidanaan terhadap anak, itu mengacu pada Undang-undang nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA), disitu diatur bagaimana anak diadili jika dia melakukan tindak pidana, tentunya tidak akan sama dengan dewasa, hukumannya juga lebih ringan, kemudian untuk pembinaannya di LPKA Palu sendiri dikemas layaknya sekolah sehingga psikis bisa tetap terjaga,” jelasnya.
Disaksikan langsung oleh seluruh pengujung Palu Grand Mall, Sesi Talkshow tersebut berjalan dengan menarik dan antusias dimana banyak pertanyan yang diajukan kepada pemateri terkait tema talkshow tersebut. (ant)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini