KAJI MAKNA SURAH AL-‘ASR BERSAMA GENANT, ANAK BINAAN LPKA KEMBANGKAN DIRI MENJADI GENERASI TELADAN

/ Kamis, 06 April 2023 / 12.08
TOPINFORMASI.COM,PALU_ Bersama Komunitas Generasi Anak Teladan (GenAnT) Kota Palu, Anak Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu terus kembangkan diri menjadi generasi yang teladan dengan mengakji makna Surah Al-‘Asr di kelas keagamaan, Rabu,(5/4) pagi.

Kegiatan tersebut dilangsungkan di ruangan pendidikan LPKA Kelas II Palu yang dipimpin oleh dua orang tim pengajar GenAnT Kota Palu dengan didampingi satu orang staf pembinaan.

Nurwahida, selaku salah seorang tim pengajar GenAnT mengatakan, kegiatan mengkaji surah ini bertujuan memberi stimulasi kepada anak binaan agar menjadi genarasi yang teladan dan disiplin waktu yang tinggi .

“Adapun tujuan dari kajian ini, khususnya kita menelaah kandungan dari surah Al-Asr adalah untuk mengajarka kepada para anak binaan terkait pentinganya disiplin dalam mengatur waktu, tidak menyianyiakan waktu sehingga bisa menjadi generasi yang teladan,”ucapnya.

Dalam Materinya dijelaskan, Surat Al-‘Asr adalah Surah yang bercerita terkait peringatan bagi manusia mengenai meruginya manusia terhadap waktu. Al-‘Asr berisi mengenai setiap manusia senantiasa merugi, baik kaya ataupun miskin, orang dewasa hingga anak muda. 
Meruginya terhadap waktu tersebut dimaksudkan, sebagaimana banyaknya manusia yang berbuat hal negatif dibandingkan hal positif di sela waktu yang dimilikinya. Sehingga, sebaiknya manusia senantiasa mengisi kesibukan dengan perbuatan yang positif, seperti beribadah, membaca Al-Qur’an dan membantu sesama umat manusia.

Sementara itu, Surianto Mahendra, selaku staf pembinaan yang ikut mendampingi kelas tersebut berharap dengan kelas bersama GenAnT ini dapat memberi pemahaman kuat kepada para anak binaan agar lebih menghargai waktu dan tidak mudah menyianyiakannya. 

“Semoga pembelajaran hari ini dapat memberi pelajaran positif untuk anak-anak binaan kami agar lebih bijak lagi dalam mengelola waktu serta tidak bermudah-mudahan dalam untuk menjadi malas dan tidak produktif,” jelasnya. (ant)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini