TINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARSIP, PEGAWAI LPKA PALU IKUTI BIMTEK KEARSIPAN BERBASIS IT

/ Selasa, 28 Maret 2023 / 12.45
TOPINFORMASI.COM,PALU_Dalam meningkatkan kemampuan pengarsipan data dan dokumen serta mewujudkan tata Kelola arsip yang baik, pegawai Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan Dinamis berbasis Infromasi Teknologi (IT) bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, Senin (27/3) pagi.

Berlokasi di Aula Bangsal Garuda, Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Budi Argap Situngkir yang dihadiri oleh para Pimpinan Tinggi (Pimti) Kantor Wilayah, serta diikuti oleh seluruh pegawai perwakilan dari Satuan Kerja (satker) pemasyarkatan dan imigrasi se-Sulawesi Tengah.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan tata Kelola arsip dengan baik agar lebih tersusun dengan rapi. Pasalnya di era sekarang dimana tuntutan kerja lebih besar dibandingkan waktu kerja yang tersedia mengharuskan kita untuk dapat melaksanakan tugas dengan cepat dan tepat, salah satunya pengelolaan arsip.

“Dalam menyikapi perubahan era sekarang ini, dimana seluruh lini kehidupan kita tidak bisa lepas dari yang taman teknologi, termasuk pekerjaan kita di kemenkumham ini, sehingga dalam pelaksanaannya kita harus menyesuaikan dengan dinamis dalam menggunakan IT, salah satunya pengelolaan arsip. Dengan berbasis IT kita akan lebih mudah menyimpan dokumen-dokumen kita dan tidak perlu ruang banyak juga kertas yang banyak. Ini menjadi lebih simple sehingga sangat menunjang pekerjaan kita dalam pengarsipan,” jelas Budi, dalam sambutannya.

Mengikuti kegiatan dengan cermat, Retno, salah satu pegawai LPKA Palu menyebutkan, dengan adanya bimtek ini dirinya dapat mengetahui bagaimana mengelola Arsip dengan baik tanpa harus menggunakan banyak kertas dan ruang.
“Untuk saya pribadi ini menjadi bekal yang baik bagi kami dalam mengelola arsip dengan lebih baik dan rapi di satker kami nanti, yang juga lebih mudah untuk kami mencarinya jika sewaktu-waktu kami ingin memerlukan dokumen yang diarsipkan tersebut,” ungkapnya.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Subkoordinator Pengelolaan Arsip Inaktif, Emon A. Kohar dan Arsiparis Ahli Pertama, Radesta, mengenai Tata Kelola Kearsipan Dinamis. (ant)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini