DIKLAT YANKOMAS VIII RESMI DITUTUP, LPKA PALU DIPERCAYAKAN SEBAGAI PELAKSANA APLIKASI SIMASHAM UNTUK WILAYAH INDONESIA TIMUR

/ Kamis, 30 Maret 2023 / 14.36
TOPINFORMASI.COM,MANADO_Pelatihan Pelaksana Pada Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) Angkatan ke-VIII dimHotel Grand Whiz Manado resmi ditutup, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu dipercaya sebagai pelaksana penerapan aplikasi Sistem Informasi Yankomas HAM (SIMASHAM) untuk wilayah Indonesia Timur, Kamis,(30/3) siang.

Hal tersebut diketahui saat LPKA Palu menjadi satu-satunya Satuan Kerja (Satker) yang maju mempresentasikan terkait penggunaan Aplikasi SIMASHAM pada lanjutan pelatihan yang bergulir sejak 27 Maret itu.

Hal tersebut terjadi, karena pada pelatihan tersebut LPKA Palu dianggap sebagai Satker paling mempuni serta menguasai mekanisme dan cara kerja Aplikasi SIMASHAM.

Presentasi terkait Aplikasi itu dibawakan langsung oleh Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, yang saat itu berstatus sebagai salah satu peserta pada pelatihan yang diadakan Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Hukum dan HAM Sulawesi Utara tersebut.

Sementara itu, kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Kepala Badiklat KumHam Sulut Wahyu Prihandono, SH.,MH., dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut.

Dalam pemaparannya, Revanda Menyebutkan, di dalam aplikasi SIMASHAM terdapat banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat salah satunya yang utama adalah masyarkat bisa mengadu kapan saja dan dimana saja jika dirinya merasa dilanggar Hak nya atau dia ingin mengetahi hal-hal terkait dengan HAM.
“Seperti yang diketahui bersama aplikasi ini bertujuan agar seluruh masyarakat dimanapun berada yang merasa terlanggar haknya dapat mengadukan permasalahannya itu ke SIMASHAM selama dirinya dapat terhubung dengan jaringan internet. Selain itu dalam Aplikasi ini juga masyarakat atau Penyampai Komunikasi juga dapat secara online memperoleh informasi mengenai kemajuan dalam penanganan permasalahan HAM yang dikomunikasikannya. Hal ini tentu saja akan menghemat waktu dan biaya bagi Penyampai Komunikasi tersebut,” terang Revanda dalam presentasi.

Diketahui presentasi tersebut dilakukan beberapa jam sebelum pada masanya kegiatan Pelatihan Yankomas itu ditutup dengan resmi diamanan dalam pelaksanaanya dipimpin oleh para pemateri terkemuka di jajaran Kemenkumham RI, salah satunya Ilyas Putra Fatchrurhozi, sebagai pemateri Apalikasi SIMAS HAM
Dengan ini LPKA Palu bisa menjadi role model dalam penggunaan aplikasi SIMASHAM pada jajaran UPT pemasyarkatan dan Imigrasi pada regional Indonesia Timur. (ant)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini