Karutan Serahkan Lukisan Karya Warga Binaan Ke Wagubsu, Usai Kunjungan Forwaka

/ Sabtu, 11 Februari 2023 / 13.44
TOPINFORMASI.COM,Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Klas I Tanjung Gusta Medan, Nimrot Sihotang A.MD.IP SH MH menyerahkan lukisan hasil karya warga binaan ke Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah.

Penyerahan dilakukan Karutan usai melakukan audensi dan silaturahmi dengan Ijek, panggilan akrab Wagubsu di Hotel JW Marriot Kota Medan, kemarin (10/2/2023).


Kepada wartawan, Nimrot berharap audensi dan silaturahmi dilakukan agar Wagubsu berkenan melakukan kunjunga kerjanya ke Rutan Klas I Tanjung Gusta Medan.


Sebelumnya, pada Rabu (8/2/2023) usai mengikuti kegiatan seminar Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Sumut menyempatkan diri megunjungi Rutan Klas I Tangung Gusta Medan, dan diterima langsung oleh Karutan.


Dengan ramah dan bersahaja kepada pengurus Forwaka Sumut, Nimrot pun mengajak untuk melihat suasana lingkungan di areal Rutan Tanjunggusta Medan.


Mulai dari tempat pelayanan kedatangan menyambut ruang tunggu bagi keluarga yang ingin bertemu dengan wargabinaan.


Selain itu, pengurus Forwaka Sumut juga diajak melihat tanaman bonsai termasuk sarana bimbingan kegiatan dan latihan kerja bagi wargabinaan diantaranya, konveksi, penyablonan, kerajinan sepatu/sandal, meubel, bengkel sepeda motor, mobil, ternak ikan dan ayam serta Aquascape.


Begitu juga dalam kunjungan Forwaka Sumut ke Rutan Tanjunggusta, Ka Rutan juga menjamu minum kopi Narkoboy ala Barista Rutan Tanjunggusta.


Diketahui langkah dan terobosan yang dilakukan dengan membentuk koperasi sebagai wadah wirausaha bagi wargabinaan yang modalnya berasal dari gaji karyawan / ASN Rutan Tanjunggusta Medan yang dipotong setiap bulannya.


Jadi Abang dan Kakak pengurus Forwaka Sumut, lanjut Nimrot bahwa ini merupakan inisiatifnya bagaimana nanti setelah menyelesaikan masa hukumannya memiliki keterampilan sebagai modal saat kembali ke tengah-tengah masyarakat.


Ia pun menyampaikan saat ini jumlah hunian baik tahanan dan narapidana yang menghuni Rutan Tanjung gusta dengan 3535 orang dengan 200 kamar/sel hunian.


Lanjut, Nimrot Sihotang mungkin untuk pertama kali di Indonesia, yang memiliki Koperasi, jadi disini wargabinaan dilatih memiliki keterampilan dan wirausaha sesuai keahlian mereka, yang secara estafet memberikan pelatihan kepada wargabinaan lainnya.


Tentunya, lanjut Nimrot juga meminta dukungan kepada instansi terkait bisa memberikan sertifikat kepada wargabinaan setelah menjalani masa pembinaan dan kembali kepada keluarga serta masyarakat sehingga tidak kaku ketika beradaptasi di lingkungan sosial di sekitarnya.


Semoga kunjungan Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Sumut dikomandoi Ketua Zainul Arifin Siregar, Sekjen Hara Sihombing dan Bendahara Ratna Simanjutak beserta pengurus ke Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Tanjung Gusta Medan, mampu membuka mata publik dan pemangku kebijakan.
Komentar Anda

Berita Terkini