BAHAS ISU PEKERJA ANAK DISEKTOR PARIWISATA, LPKA PALU IKUTI OBROLON PENILITI SE-INDONESIA

/ Rabu, 22 Februari 2023 / 09.28
PALU_TOPINFORMASI.COM,Bahas Isu Kebijakan tentang Pekerja Anak di Sektor Pariwisata, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu ikuti Obrolon Peneliti (OPini), Selasa, (21/2) pagi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Daerah Istimewa Yogyakarta yang bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Ham (Balitbangkumham) Republik Indonesia melalui Virtual Meeting serta turut diikuti oleh berbagai Kementerian/ Lembaga (K/L) yang berkaitan terkait perlindungan anak khususnya yang berkecimpung dalam bidang pariwisata di Indonesia.

Membuka kegiatan tersebut, Iwan Kurniawan selaku Pelaksana Tugas Balitbangkumham menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna menyamakan persepsi antara Pemerintah Pusat dan Daerah serta Swasta guna membahas dan memecahkan segala persoalan hukum yang terjadi di masyarakat, khususnya pada kelompok usia anak dibawah 18 tahun.

“Kegiatan ini diinisiasi untuk menyamakan persepsi antar Pemerintah Pusat dan Daerah serta Swasta untuk membahas isu-isu persoalan hukum di masyarakat, dan saat ini kami mengusung pembahasan terkait anak dalam sektor pariwisata,” jelas sosok yang juga pernah memimpin Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah tersebut.

Tidak hanya itu, dirinya berharap agar melalui forum tersebut dapat menghasilkan rekomendasi terkait berbagai hal yang nantinya akan dilakukan pembenahan untuk menghasil perlindungan hukum terhadap anak yang lebih baik.

“Saya berharap agar forum ini dapat menjadi forum yang membaha isu isu factual yang dapat kita benahi bersama. Opini ini akan bergulir ke setiap Provinsi, mari kita ikuti dengan baik dan penuh interaktif,” tutupnya sekaligus membuka kegiatan.

Kegiatan pun berlanjut dengan pemaparan materi dari tiga orang Narasumber yaitu Rodes Ober Pardosi selaku Analis Hukum pada Balitbangkumham,Titik Sulistyani selaku Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Pariwisata Dinas Pariwisata DIY dan Destha Titi Raharja selaku Peneliti Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada.

Mengikuti dengan seksama di Aula are blok hunian anak binaanya, Revanda Bangun selaku Kepala LPKA Palu yang saat itu didampingi oleh pejabat struktural dan stafnya berharap agar dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menambah wawasan keilmuan dari setiap pegawainya, kata dia, dari hal tersebut dapat menjadi inspirasi agar turut diimplementasikan didalam LPKA Palu.
“Mari kita bawa LPKA Palu ini menjadi lebih ramah dan layak untuk anak,” pungkasnya. (asr)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini