BERSAMA KADIS DP3A KOTA PALU, KADIVPAS DAN KEPALA LPKA PALU RENCANAKAN PROGRAM PEMBINAAN JANGKA PANJANG

/ Senin, 30 Januari 2023 / 17.12
PALU_TOPINFORMASI.COM
Maksimalkan pembinaan kepada anak, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Ka.LPKA) Kelas II Palu, Revanda Bangun, bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Ricky Dwi Biantoro serta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu, Yudhi Riany Firman, rencanakan program pembinaan jangka panjang kepada seluruh anak binaan di LPKA Palu.

Momen itu terjadi saat ketiga unsur pimpinan tersebut bersiap menerima kunjungan Ibu Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny Lamajido Sp.PK., M.Kes yang akan melakukan penyerahan secara simbolis perlengkapan tempat tidur kepada seluruh anak binaan atau anak berhadapan hukum (abh) di LPKA Kelas II Palu, Senin, (30/1) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Revanda mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan program pembinaan anak di LPKA Palu yang terus melibatkan pihak Pemerintah Kota Palu, hal baik terus ditunjukkan oleh seluruh anak binaannya, dari berbagai bidang kepribadian maupun kemandirian. Namun, kata dia, meski mengalami penurunan jumlah kasus tindak pidana residivis anak, hambatan yang dialami dilapangan masih berotasi pada kurangnya tempat atau pengawasan maupun pemberian pembinaan yang berkelanjutan kepada anak yang telah resmi dibebaskan, ia pun mengharapkan agar hal tersebut dapat diatasi secepatnya.

“Mungkin yang belum maksimal disini adalah suatu badan atau lembaga yang dapat melanjutkan pembinaan kepada anak-anak yang telah bebas, hal ini harus kita perhatikan secepat dan setepat mungkin,” jelas Revanda.

Lebih lanjut, Yudhi juga menyebutkan bahwa dibawah kepemimpinan Hadianto Rasyid, Kota Palu saat ini telah memikirkan hal tersebut, ia pun menegaskan akan senantiasa berupaya menghadirkan berbagai program berkaitan dengan perlindungan kepada seluruh anak dan nantinya akan turut menjangkau para mantan anak binaan di LPKA Palu.
“Hal ini akan menjadi catatan buat kita juga, meski sudah menurun akan tetapi kita tetap berjuang untuk mencapai angka 0% anak yang melakukan tindak kejahatan kembali,” tegasnya.

Senada dengan itu, Ricky yang diketahui baru dua pekan memimpin jajaran Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah bertekad akan turut andil dalam penyelesaian permasalahan tersebut, ia pun berharap agar tekad tersebut dapat diikuti juga dengan seluruh jajaran Pemasyarakatan Sulteng.

“Kita sangat senang mendengar anak-anak ini dapat berhasil dan hal itu tidak boleh ditinggalkan, kedepan saya akan turut andil menyelesaikan permasalahan tersebut, kita harus bisa membuat program pembinaan kepada seluruh anak yang telah keluar dari sini, apalagi ini sangat berkaitan erat dengan tujuan kita bersama, kesuksesan pemasyarakatan adalah kesuksesan pemerintah daerah juga,” tutupnya. (asr)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini