HARI KEDUA BIMTEK TICKET TO LIFE, LPKA PALU TUAI PUJIAN DIRBIMKEMAS KEMENKUMHAM RI

/ Kamis, 10 November 2022 / 09.06
MANADO,TOPINFORMASI.COM_Memasuki hari kedua kegiatan Ticket To Life (TTL) Gerakan Pramuka, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu menuai pujian oleh para Narasumber, termasuk Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak (Dirbimkemas PA), Pujo Harinto, Rabu, (9/11).

 Hal tersebut didapatkan saat pembekalan materi membahas tentang Sinergitas dan Teknis Implementasi Kerjasama Program tentang Pembinaan Anak Bermasalah Hukum di Kemenkumham dengan program TTL yang langsung diberikan oleh Dirbimkemas PA melalui Virtual Meeting.

Diketahui pada kegiatan Ticket To Life gerakan kepramukaan yang pelaksanaanya dipusatkan di Kantor Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Pineleng, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara tersebut, LPKA Palu diwakili langsung oleh Muh.Fauzi selaku Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan yang merangkap sebagai Ketua Gugus Depan (Gudep) Pramuka Pangkalan LPKA Palu beserta dua orang stafnya serta Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Palu, Imran.

Pada hari kedua tersebut, LPKA Palu yang mewakili Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham RI bersama para peserta yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia bagian Timur, mengikuti berbagai pembekal materi seperti Penerapan Metode Kepramukaan dalam Program TTL, Sinergitas dan Teknis Implementasi Kerjasama Program Pembinaan hingga pada Perlindungan kepada anak.

Khususnya terkait materi Program Pembinaan kepada anak yang bermasalah Hukum, LPKA Palu berhasil menuai berbagai pujian, termasuk dari Dirbimkemas yang mewakili Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Terima kasih untuk kakak-kakak dari LPKA Palu yang telah melaksanakan program Ticket To Life dan telah membentuk Gudep di LPKA Palu, serta mampu mengikutsertakan anak-anak binaannya dalam kegiatan Jambore Nasional XI di Buperta Cibubur, serta kegiatan kepramukaan lainnya. Semoga dengan Bimtek ini LPKA Palu maupun LPKA yang lain, agar bersama sama satukan persepsi dalam menggapai tujuan yaitu penanganan anak yang berhadapan dengan hukum. Tetap semangat untuk para pembina di LPKA dalam mengikuti Bimtek ini,” ungkap Puji Harinto.

Mendapat kesempatan untuk menyampaikan hasil pembinaan pramuka di LPKA Palu, Kakak Taufiq Hidayah selaku Staf Pembinaan maupun Pembina Gudep LPKA Palu pun turut menyuarakan aspirasi dan harapannya dalam menyukseskan program pembinaan di LPKA seluruh Indonesia.

“Di LPKA Palu sendiri sudah memiliki Gudep dan mampu untuk mengikutsertakan anak-anak kami dalam berbagai kegiatan kepramukaan. Akan tetapi, kami sendiri belum ada pelatihan Kursus Mahir Dasar (KMD) untuk kami selaku pembina Gudep LPKA Palu.

 Semoga kedepannya, khususnya di LPKA Palu dapat menciptakan kegiatan KMD yang merupakan syarat dari pembentukan Gudep sehingga dalam mengoptimalkan program TTL bagi seluruh anak,” imbuh Kakak Taufiq.

Seusai mendengar hal tersebut, Dirbimkemas pun akan segera menindak lanjuti atas masukan tersebut, dirinya pun berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh keseriusan guna meriah hasil yang diharapkan. (asr)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini