Dinas Kesehatan Batubara Berikan Pelayanan Medis Kepada Warga Terdampak Banjir

/ Selasa, 08 November 2022 / 14.04

Batubara. Topinformasi.com

Warga terdampak banjir di empat (4) Kecamatan di Kabupaten Batubara mendapat tidakkan medis dari Dinas Kesehatan. Tindakan medis itu dilakukan tenaga medis yang berada di Puskesmas maupun Pustu yang ada di daerah banjir.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara dr Wahid Khusyairi saat dikonfirmasi media Topinformasi.com pada Selasa 8/11/2022.

Menurut Wahid, pemantauan dengan tindakan itu berbeda, tindakan medis dilakukan berdasarkan keluhan warga.
Dalam penanganan bencana alam, Dinas Kesehatan sebagai kluster dibawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). BPBD garda terdepan untuk melakukan assesment. "Setelah itu Kesehatan bergerak menangani paska bencana.

Dalam penanggulangan bencana banjir saat ini, "kita melakukan pelayan kesehatan bagi masyarakat korban banjir. Umumnya penyakitnya gatal2, diare dan demam, "jelasnya.
"Kita juga telah mendirikan posko kesehatan di Desa Sai Buah Keras, Kecamatan Medang, Desa Gambus Laut Kecamatan Lima Puluh Pesisir, dan Desa Tanjung Mulia Kecamatan Nibung Hangus.

Terkait jumlah warga terdampak banjir yang terkena  penyakit gatal-gatal, diare dan demam, masih dalam penginputan, karena kondisi air masih menggenang, kemungkinan data itu akan terus berubah, "pungkas dr Wahid. (dr)
Komentar Anda

Berita Terkini