LPKA PALU SUKSES HENTIKAN PROSES PENGELUARAN ANAK BINAAN DARI SEKOLAH ASALNYA

/ Kamis, 13 Oktober 2022 / 06.18
PALU,TOPINFORMASI.COM,Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu sukses hentikan proses pengeluaran salah seorang Anak Binaannya dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Pendidikan Formal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palu, Rabu, (12/10) siang. Kesuksesan tersebut terjadi seusai terjalinnya koordinasi antara Kepala Subseksi. Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan, Muh. Fauzi bersama  Kepala Sekolah, Siti Ramla serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Yulian Satriono. 
Mewakili Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, Fauzi yang saat itu didampingi stafnya menegaskan bahwa dalam hal melakukan pembinaan kepada setiap Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), pihaknya terus menerus mengupayakan untuk tetap mengoptimalkan pemenuhan hak dari setiap anak. Dirinya pun berharap agar komitmen tersebut dapat diikuti dengan partisipasi dari pihak sekolah asal dari salah seorang anak di LPKA Palu tersebut.
“Mungkin terjadi suatu ketimpangan kebijakan dari kasus ini. Akan tetapi, kami sangat berharap agar komitmen kami untuk memenuhi hak dari setiap anak yakni menerima pendidikan yang layak dapat didukung oleh SMK Muhammadiyah 1 Palu yang merupakan sekolah asal dari salah seorang anak binaan kami di LPKA Palu. Kami sangat yakin bahwa anak ini pasti akan berubah menjadi kader pemimpin bangsa dengan melalui segala program pembinaan yang akan kami berikan,” jelas Fauzi, di ruang kerja Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Palu.

Dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak pun melakukan komunikasi secara hangat, pihak sekolah asal anak juga membeberkan beberapa hal kendala terkait terhambatnya proses pendidikan dari anak tersebut, hingga kedua pihak pun berhasil menemukan beberapa solusi untuk menangani segala kendala dari keterhambatan tersebut yang menyebabkan salah seorang anak nyaris dikeluarkan dalam Dapodik atau dikeluarkan dari sekolah.
“Pada dasarnya kami tidak memiliki keinginan untuk mengeluarkan atau memindahkan anak tersebut ke sekolah lain, kami pun merasa senang dengan kehadiran LPKA Palu, anak tersebut akan kami berikan kesempatan lagi, kedepan sinergitas untuk memberikan pelajaran dan pengajaran akan kita tingkatkan. Semoga hal ini dapat memberi dampak baik bagi anak kita itu,” harap Siti.
Selain itu, Wakasek Kesiswaan pun menerangkan bahwa akan melakukan  koordinasi lebih lanjut bersama LPKA Palu serta menggandeng langsung pihak orangtua dari anak tersebut.
“Koordinasi ini harus terus kita lakukan dengan ditambah oleh pihak orangtuanya, anak ini harus merasakan wujud kecintaan dan kepedulian lebih banyak lagi,” pungkas Wakasek Kesiswaan. (asr)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini