Gempa Susulan Guncang Tapanuli Utara

/ Jumat, 07 Oktober 2022 / 10.32


TOPINFORMASI.COM,Gempa bumi terkini berkekuatan magnitudo 5,0 SR guncang di wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat 7 Oktober 2022 pagi.

Guncangan gempa tersebut berpusat di darat.

"Gempa Mag:5.0, 07-Okt-22 03:00:42 WIB," dikutip dari akun resmi Info BMKG, Jumat (7/10/2022)

Dalam hal ini Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menginformasikan, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 kembali mengguncang wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dini hari pukul 03.00.42 WIB, Jumat (7/10).

Guncangan gempa susulan ini sangat dirasakan oleh warga Taput, baik yang ada di dalam rumah dan di luar rumah.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,0 dengan episenter yang terletak pada koordinat 2.02 LU dan 99.01 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km timur laut Tapanuli Utara di kedalaman 10 km," tulis Daryono dalam keterangan tertulis diterima Antara.

Disebutkan, jenis dan mekanisme gempa bumi berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar aktif.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan IV MMI di Tarutung. Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi, III MMI di Sipoholon," sebutnya.

Lanjutnya, mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser.

Diketahui Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho juga turut menjelaskan, gempa tersebut masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Taput magnitudo 5,8 yang terjadi pukul 02:28:41 WIB, Sabtu (1/10).

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada, tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Komentar Anda

Berita Terkini