Kapal Pukat Tank Cangkuk Kerang Di Tangkap Di Laut Batubara

/ Kamis, 22 September 2022 / 18.17

Batubara. Topinformasi.com

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Perikanan dan Peternakan melayangkan surat ke Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Provinsi Sumatera. Dalam kurun waktu relatif singkat langsung disikapi.

Surat yang dilayangkan Dinas Perikanan dan Peternakan Batubara berisi keluhan nelayan kecil atau nelayan tradisional dan permintaan untuk menertibkan operasional pukat tank cangkuk kerang yang beroperasi dibawah jarak 2 mil laut.

Berdasarkan pengaduan nelayan kecil/tradisional itu, Tim Satgas Laut Diskanla Provinsi Sumatera Utara turun ke Batubara dan langsung melakukan razia dan menangkap pukat tank cangkuk kerang.

Hal itu disampaikan Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batubara Anthony Ritonga ketika dikonfirmasi lewat telepon Kamis 22/9/2022.

Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batubara Anthony Ritonga menjelaskan, tim Satgas Laut Diskanla Provsu sebelum razia telah berkoordinasi dengan pihaknya. 

"Tadi malam kita berjumpa dengan tim di Tanjung Tiram. Hingga tengah malam tim Satgas bersama Dinas Perikanan dan Peternakan Batubara sudah menangkap 2 pukat tank cangkuk kerang", beber Anthony.

Dalam penangkapan, kita telah menyita surat surat pukat telah diamankan, dan tekong atau nahkoda kapal akan dipanggil pada Rabu 28/9/2022 ke Kantor Diskanla Sumatera Utara.

Anthony menjelaskan, koordinasi pihaknya dengan tim, tahap pertama ini masih dilakukan peringatan dan pembinaan agar tidak lagi melanggar ketentuan batas tangkap.

"Namun bila kelak mereka masih melakukan pelanggaran, tidak tertutup kemungkinan akan dilanjutkan proses hukumnya", pungkas Anthony.

Kesigapan Diskanla Pemprovsu yang langsung menyikapi keluhan nelayan kecil / tradisional itu mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Batubara Ismar Khomri.

"Kita apresiasi kesigapan Dinas Perikanan dan Kelautan Pemprovsu bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Batubara yang telah melakukan penertiban pukat tank cangkuk kerag yang meresahkan nelayan kecil/tradisional Batubara", ungkap Ismar.

Ismar Khomri juga berharap, patroli dan razia tersebut dapat menghentikan operasional pukat tank cangkuk kerang dari perairan Batubara. "Bila pukat tersebut berhenti beroperasi dipastikan akan memudahkan nelayan kecil mencari nafkah di laut", sebut Ismar Komri. (dr)
Komentar Anda

Berita Terkini