Jakarta - Silangit rute domestik yang baru diresmikan oleh Maskapai AirAsia Jadi Rute Utama

/ Sabtu, 03 September 2022 / 12.07
TOPINFORMASI.COM,CEO Capital A, Tony Fernandes mengatakan rute domestik yang baru diresmikan oleh maskapai AirAsia Indonesia menjadi rute utama AirAsia. Rute tersebut adalah penerbangan dari Jakarta menuju Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. 

"Kami memang senang membuka rute dan tujuan baru. Rute Jakarta-Selangit mungkin bukan rute baru seperti Kuala Lumpur-Selangit. Tapi kami melihat potensi besar di Danau Toba, dan rute ini akan menjadi salah satu rute utama AirAsia," kata Tony dalam keterangannya kepada wartawan di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu 3 September 2022.



Tony menjelaskan, untuk tahap awal pada penerbangan domestik Jakarta-Silangit, AirAsia akan melayani penerbangan tersebut 3 kali dalam seminggu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. kemudian, pesawat yang digunakan adalah Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan jatah bagasi gratis 20kg dan jatah bagasi kabin 7kg.

Adapun Direktur Utama (Dirut) AirAsia Indonesia, Veranita Yoshepine Sinaga mengatakan pada penerbangan perdana rute Jakarta-Silangit itu mengangkut 134 penumpang. Dia juga yakin AirAsia Indonesia dapat mengoptimalkan penerbangan kedepannya. 

Wanita yang akrab disapa Vera itu menambahkan, AirAsia Indonesia berkomitmen mendukung pengembangan sektor industri pariwisata di Indonesia. Hal ini, kata dia, diwujudkan dengan menambah rute-rute baru dan berkolaborasi dengan UMKM hingga masyarakat sekitar.


"Melalui rangkaian kegiatan ini kami ingin mempertegas komitmen Indonesia AirAsia sebagai maskapai nasional untuk mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia secara menyeluruh, tidak hanya dengan penambahan rute tetapi juga menjalin kerja sama promosi produk pariwisata dan ekonomi kreatif sekaligus terlibat dalam upaya pengembangan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya," ucap Vera.

Terakhir, Tony mengungkapkan rasa bangganya bisa menghadirkan penerbangan ke Silangit. Apalagi Bandara ini berdekatan dengan Danau Toba yang merupakan destinasi potensial dan bagian dari UNESCO's Geopark.

Sebagai informasi, Tony Fernandes mengaku sangat tertarik membuka rute penerbangan Jakarta-Silangit usai bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. 

Dalam pertemuannya dengan Luhut, kata Tony, Luhut Binsar Pandjaitan bercerita mengenai potensi besar dalam sektor pariwisata di Indonesia. Khususnya, di Silangit, Kabulaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Tony juga membeberkan bahwa pertemuannya dengan Luhut berlangsung di Davos. 

"Tepat sebelum covid, saya telah bertemu dengan Bapak Luhut dan saya belum pernah mendengar Silangit. Sejujurnya, tentu saja saya pernah mendengar Danau Toba. Dalam diskusi kita di Davos, dia (Bapak Luhut) sangat bangga akan Silangit. Katanya, 'Ini adalah area yang paling memukau dan AirAsia harus terbang (ke sini)'," kata Tony dalam keterangannya di Tapanuli Utara, Sabtu 3 September 2022. 

Tony juga mengungkapkan perjuangannya selama dua setengah tahun untuk membuka rute penerbangan Jakarta-Silangit. Sebelumnya, kata dia, AirAsia telah sukses membuka rute penerbangan Kuala Lumpur-Silangit. Kemudian, perjuangannya untuk membuka rute penerbangan baru terhalang oleh pandemi covid-19. 
Komentar Anda

Berita Terkini