ANAK BINAAN LPKA PALU TAMBAH PENGETAHUAN AGAMA DENGAN BELAJAR KULTUM

/ Kamis, 29 September 2022 / 11.18

PALU_TOPINFORMASI.COM,Bertempat di ruangan serba guna, Anak Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu belajar dan berlatih Kultum (Kuliah tujuh menit) bersama Mahasiswa Praktek Pangalaman Lapangan (PPL) Universitas Islam Negeri Datokarama (UIN DK) Kota Palu, Kamis, (29/9). 

Sebagai kontribusi bersama LPKA Kelas II Palu bersama Mahasiswa PPL memberi pembelajaran serta pelatihan kultum ini bertujuan untuk menambah kualitas pengetahuan anak binaan dalam bidang keagamaan.

Ditemui dilokasi kegiatan, Staf Pembinaan, Surianto,yang mendampingi langsung kegiatan menjelaskan bahwasanya pelatihan Kultum yang dilaksanakan bersama mahasiswa PPL ini merupakan upaya LPKA Palu untuk memastikan kebutuhan pendidikan rohani anak terpenuhi.

“Sudah minggu ketiga ini kami bersama-sama dengan mahasiswa PPL dari UIN Datokarama Palu menjalankan program-program pembinaan, dan salah yang sering kami giatkan adalah pembinaan terkait keagamaan atau religi anak-anak, ini merupakan bentuk upaya kami untuk menguatkan pengetahuan agama kepada para anak binaan,” ucapnya.

Sementara itu, Vivit, Salah seoarang Mahasiswa PPL yang memandu kegiatan tersebut menuturkan harapan besarnya kepada anak binaan yang mengikuti program ini agar kedepannya bisa menjadi seorang Da’I atau pendakwah yang baik

“Kamis segenap Mahasiswa UIN DK Palu yang melangsungkan PPL di LPKA Palu berharap dari  program kerja kami yang kami jalankan hari ini, walaupun sedikit, bisa menjadi bekal dasar untuk mereka menjadi seorang muslim yang baik yang bisa mendakwahkan islam secara benar,” harap vivit dengan penuh kepercayaan.

Seperti diketahui, Kultum merupakan Kultum sebuah singkatan dari “kuliah tujuh menit”. Kuliah disini memiliki arti sebagai proses memberi dan menerima ilmu, sedangkan tujuh menit menggambarkan singkatnya waktu yang dibutuhkan. Jadi bisa dikatakan kultum adalah semacam forum atau majelis untuk berbagi ilmu atau dakwah islam. (ant)

HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini