NEGATIF, ANAK LPKA PALU JALANI TES URINE SEBELUM PENGUSULAN HAK INTEGRASI

/ Jumat, 26 Agustus 2022 / 11.56
PALU-TOPINFORMASI.COM,Bertempat di Ruangan Kesehatan, sebanyak Lima Orang Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu jalani Tes Urine/ Tes Toksikologi, Jum’at, (26/8). Langkah tersebut bertujuan untuk mengetahui keberadaan kandungan obat-obatan terlarang maupun obat lainnya di dalam urine sehingga memastikan bahwa setiap anak yang berada di LPKA Palu dan sedang dalam proses pemenuhan Hak Integrasi tetap aman dan terbebas dari penyalahgunaan Narkotika.
“Kali ini kami lakukan Tes Urine kepada anak-anak kita yang baru saja masuk dan saat ini sedang dalam proses pemenuhan hak integrasinya. Ini kami lakukan agar memastikan bahwa di LPKA Palu telah bersih dari narkoba sebagaimana Komitmen seluruh jajaran Pemasyarakatan di Indonesia,” jelas Umi Ayu selaku Jabatan Fungsional Tertentu Perawat LPKA Palu.
Dalam kesempatan tersebut, Umi yang didampingi oleh stafnya serta staf pembinaan terlebih dahulu memberikan pemahaman kepada lima orang anak binaan tersebut sehingga proses pemeriksaan dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari perasaan tertekan yang dialami oleh anak.
“Pemeriksaan ini adalah bagian dari pembinaan bukan sarana untuk memberikan penghakiman maupun penghukuman, kami semua ingin mereka disini dapat benar-benar terbebas dari bahayanya Narkotika, apalagi ini kami lakukan sebagai salah satu syarat agar kami mengusulkan mereka untuk mendapatkan Hak Integrasinya,” sahut Rizki Fandu, Staf Pembinaan.
Dari hasil pemeriksaan itu, lima orang anak tersebut dinyatakan Negatif atau bebas dari bahan-bahan atau obat-obat terlarang sejenis Narkotika, mereka pun mengungkapkan kesyukurannya dan bertekad agar terus menjauhi penggunaan barang-barang tersebut.
“Selama disini kami menjadi sadar tentang buruknya penggunaan obat itu, kami sangat beryukur dan berterima kasih atas segala program yang diberikan kepada kami, saat ini yang menjadi pikiran kami hanyalah memberikan manfaat bagi Keluarga dan Masyarakat di luar sana,” ungkap salah seorang anak. (asr)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini