Jaga Kesehatan,Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se Dunia Dilaksanakan di Kecamatan Medan Denai

/ Kamis, 21 Juli 2022 / 15.12
TOPINFORMASI.COM,Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat, pemerintah masih terus berupaya untuk memberikan pengertian kepada masyarakat melalui sosialisasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan 5M (Mencuci tangan, Menggunakan masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas) serta turut aktif melaksanakan vaksinasi selama pandemi Covid-19.


Dalam penerapannya, cuci tangan menggunakan sabun merupakan protokol kesehatan yang paling sederhana dan dapat memberikan manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita, seperti meminimalisir terpapar Covid-19, mencegah 1 dari 3 penyakit diare dan juga 1 dari 5 infeksi pernapasan. Dengan demikian, Hari Mencuci Tangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober ini, merupakan momen peringatan yang sangat positif untuk memberikan pengertian kepada masyarakat mengenai pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun baik sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas.

Pelaksanaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se Dunia di halaman Masjid Raya Miffatul Imam Jalan Jermal 7 Kecamatan Medan Denai , dihadiri Camat Medan Denai Baharuddin Ritonga,Kamis 21/7/2022.

Peringatan Cuci Tangan Se Dunia juga dihadiri Dandim 03 Medan denai,  Kapolsek Medan Area,kepala Puskesmas Medan Denai, lurah sekecamatan Medan Denai, ketua MUI, tim tppkk kota medan, kepling se kelurahan denai, kepala sekolah mis Miftahul jannah, anggota tppkk sekecamatan medan denai


Adanya peringatan Hari Mencuci Tangan Sedunia tahun ini yang bertepatan dengan kondisi pandemi Covid-19, diharapkan mampu meningkatkan kepedulian serta kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan 5M dan vaksinasi, sehingga penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat dapat diminimalisir dan masyarakat dapat terhindar dari penyakit penyakit lain seperti diare dan infeksi pernafasan.

 "Biasakan mencuci tangan pakai sabun (CTPS) pada 5 waktu kritis, yaitu sebelum makan; sehabis buang air besar; sebelum menyusui; sebelum menyiapkan makan; setelah menceboki bayi; dan setelah kontak dengan hewan",Ujar Camat Medan Denai.

 
CTPS adalah cara yang sederhana, mudah, murah dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Sebab, ada beberapa penyakit penyebab kematian yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar, seperti penyakit Diare dan ISPA yang sering menjadi penyebab kematian anak-anak. Demikian juga penyakit Hepatitis, Typhus, dan Flu Burung, bahkan saat ini dapat memperkecil resiko penularan Covid-19.

 
"Membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun berarti mengajarkan anak-anak dan seluruh keluarga hidup sehat sejak dini, Jelasnya.


Selamat Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Karena Masa Depan di Tangan Kita, Akhir Kata Camat Medan Denai.
Komentar Anda

Berita Terkini