TIGA ORANG PEGAWAI LPKA PALU IKUTI KEGIATAN PENINGKATAN FMD PETUGAS PEMASYARAKATAN

/ Selasa, 21 Juni 2022 / 09.24
Topinformasi.com
PALU_Terus dukung peningkatakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi seluruh jajarannya, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, Revanda Bangun, mengikutsertakan tiga orang pegawainya guna mengikuti kegiatan pendidikan kesamaptaan, Selasa, (21/6). Langkah ini ditujukan guna meningkatkan Fisik, Mental dan Disiplin bagi Petugas Pemasyarakatan (Gaspas) di Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham Sulteng).

“Kita semua mesti memiliki nilai-nilai kesamaptaan yang baik dan teruji. Saat ini, kami masih mengirimkan tiga orang perwakilan, kedepan pun akan kita tingkatkan dan akan mengirimkan seluruh pegawai untuk mengikuti kegiatan kesamaptaan. Semoga rekan sekalian dapat menemui hasil yang terbaik sehingga memberikan kemajuan bagi Institusi Pemasyarakatan dan terutama kepada LPKA Palu,” ujar Revanda, melepas keberangkatan pegawainya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng tersebut bekerja sama dengan Satuan Brimob Polda Sulteng dan diselenggarakan di Lapangan Tembak Aspol Brimob Biromaru serta akan berlangsung dalam kurun waktu tiga hari yang dimulai sejak tanggal 20 Juni 2022 hingga 22 Juni 2022.

Menjadi penasihat utama, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Budi Argap Situngkir, menyampaikan bahwa kegiatan FMD tersebut sangatlah bernilai penting guna menjawab tantangan dari berbagai persoalan gangguan keamanan dan ketertiban yang rentan terjadi di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan) serta LPKA di seluruh Indonesia.

“Ini menjadi sangat penting. Mengingat suatu urgensi peningkatan keamanan dan ketertiban merupakan pendukung utama dalam penyelenggaraan pemasyarakatan. Semoga melalui kegiatan ini dapat menghasilkan petugas pemasyarakatan yang berintegritas baik,” harap Budi Argap.
Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Irpan, menjelaskan bahwa dalam kegiatan FMD tersebut seluruh peserta yang jumlahnya sebanyak 33 orang akan diberikan pembekalan yang tidak hanya dapat meningkatkan fisik, mental dan disiplin. Akan tetapi, turut meningkatkan pemahaman peserta terhadap prinsip dasar kesamaptaan.

“Dalam kegiatan ini, materi yang diberikan akan berupa Pelatihan Baris Berbaris (PBB), Pembinaan Fisik, Olah Raga, dan pelatihan tambahan yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas sehingga dapat memupuk kedisiplinan, fisik, dan mental petugas pemasyarakatan. Tidak hanya itu, semoga mereka dapat memahami prinsip dasar kesamaptaan sehingga apa yang diharapkan Kakanwil dapat kita penuhi yaitu petugas pemasyarakatan yang berintegritas,” urai Irpan.

Kegiatan pun berlangsung dengan baik, Brimobda Sulteng yang diwakili  Wadanyon A, AKP Cahyo Suryanto, didampingi Kasubagrenmin, AKP Setyo Wibowo, dan Ka. Uren, AKP Joko Pitoyo, serta para pelatih, memberikan materi-materi yang atraktif. Seluruh peserta terlihat antusias menerima setiap ilmu yang diberikan, ditambah lagi dengan berlatar keindahan gunung dapat menjadikan setiap keringat menjadi energi baru.

“Meski dibawah terik mentari. Tapi, setelah melihat keindahan pemandangan gunung-gunung itu, letih kami menjadi energi baru,” ujar Akbar perwakilan LPKA Palu. (asr)  HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini