BERSAMA DP3A KOTA PALU, LPKA PALU BERIKAN PENDAMPINGAN PSIKOLOG KEPADA ANDIKPAS

/ Selasa, 14 Juni 2022 / 12.42
TOPINFORMASI.COM
PALU_Dalam rangka peningkatan pemenuhan hak anak dan upaya peningkatan pelayanan kepada anak, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu bersama Pemerintah Kota Palu (Pemkot) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu, melakukan kegiatan pendampingan dan penjangkauan Psikologi kepada seluruh Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas). Selasa, (14/6).

Membuka kegiatan, Kepala LPKA Kelas II Palu, Revanda Bangun, yang didampingi pejabat struktural, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangatlah penting dalam mendukung tumbuh kembang anak, dirinya pun mengucapkan terima kasih yang mendalam atas kerja sama dan kepedulian DP3A Kota Palu yang dipimpin oleh Yudhi Riyani Firman, kepada seluruh Andikpas yang tanpa pernah lelah.
“Kami semua sangat tersanjung atas kepedulian Pemkot yang dalam hal ini diwakili DP3A Kota Palu kepada LPKA Palu. Kegiatan ini sangat penting dalam peningkatan pembinaan kita kepada mereka, kami berharap ini tidak berhenti. Kalau kami sebagai ayah dari seluruh Andikpas. Maka, DP3A Kota Palu adalah Ibu dari mereka,” kata Revanda.
Menanggapi hal tersebut, DP3A Kota Palu yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Herlina, mengungkapkan sebagaimana komitmen bersama, apa yang menjadi harapan LPKA Palu akan terus ditingkatkan serta dipenuhi.
“Apa yang telah menjadi komitmen kita bersama, akan terus kita tingkatkan dan penuhi, kami adalah Ibu bagi mereka semua,” ujar Herlina.

Dalam kunjungannya, Herlina, turut didampingi oleh Pejabat Struktural DP3A Kota Palu, Tenaga Psikolog, serta Forum Anak Nosarara Nosabatutu Kota Palu.
“Kali ini kami diminta pimpinan untuk mengunjungi anak kami disini, menyapa mereka serta akan melakukan Assesment oleh tenaga Psikolog, yang akan menggali lebih dalam kepribadian setiap anak sehingga menghasilkan program pembinaan yang tepat untuk diberikan kepada anak kita,” lanjutnya.

Dengan bertempat di Ruang Serbaguna, kegiatan Pendampingan Psikologi Anak dimulai. I Putu Ardika selaku tenaga psikolog, memulai kegiatan dengan berkenalan secara langsung bersama seluruh anak, dirinya pun melakukan diskusi ringan guna mengetahui karakter setiap anak, kelebihan dan kekurangan, serta memberikan nasihat untuk memberikan ketenangan kepada setiap anak.
“Kita semua tentu mengetahui kekuatan didalam diri kita, kita harus mengerti apa kebutuhan kita, kesukaan kita dan bermanfaatkah untuk diri kita. Apa yang menjadi kegelisahan adik semua mesti disalurkan dengan penuh ketenangan, bukan dengan emosi,” terang I Putu Ardika, yang juga bertugas di Klinis Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan pun berlangsung dengan penuh atraktif, satu persatu anak mengajukan pertanyaan yang terkadang menghasilkan gelak tawa oleh sesama Andikpas.
“Kalau mengingat kisah yang dulu, alangkah lucunya saya saat ini, semoga itu tidak terulang lagi,” imbuh salah seorang anak setelah berdiskusi santai bersama Psikolog.

Diakhir kegiatan, Kepala LPKA Palu pun, mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat dilanjutkan secara intensif serta mengharapkan agar di LPKA Palu dapat terbentuk suatu anak cabang Forum Anak Nosarara Nosabatutu yang sangat memukau dengan para anggota yang tergolong usia anak namun dapat bermanfaat kepada bangsa dan negara.
“Kita harus terus mendampingi mereka semua secara intensif. Kalau memungkinkan, kita bentuk anak cabang Forum Anak di LPKA Palu, sehingga anak kita dapat lebih berkarakter seorang pemimpin juga,” tutupnya. (asr)
HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini