Kombes Pol Riko Sunarko Ditarik Jabatannya, Diganti Kombes Fahmi Jadi Kapolrestabes Medan

/ Sabtu, 22 Januari 2022 / 07.02
MEDAN-TOPINFORMASI 
Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mencopot Kombes Pol Riko Sunarko dari jabatan Kapolrestabes Medan. 

Kapolda Sumut menunjuk Irwasda Kombes Pol Armia Fahmi sebagai Plh Kapolrestabes Medan. 

Pencopotan Kombes Pol Riko Sunarko diduga kuat karena terlibat suap dari bandar narkoba. 

“Mulai malam ini, Kombes Riko yang tadinya menjabat sebagai Kapolrestabes Medan saya tarik untuk sementara waktu menjalani pemeriksaan di Propam Polda Sumut,” kata Panca Putra Simanjuntak didampingi Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Jumat (21/1/2022) malam. 

Menurut Kapolda, ditariknya sementara waktu Kombes Pol Riko Sunarko dari jabatan Kapolrestabes Medan, untuk menjalani pemeriksaan dalam kasus dugaan suap. 

“Untuk penggantinya, Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Armia Fahmi akan menjabat sebagai pelaksana harian (Plh) Kapolrestabes Medan,” jelas Panca Simanjuntak. 

Diketahui, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Medan, terungkap pejabat kepolisian di Polrestabes Medan menerima uang suap sebesar Rp300 juta, dari istri seorang bandar narkoba. 

Uang itu diduga dibagi-bagi ke Kasat Res Narkoba Polrestabes Medan sebesar Rp150 juta, hingga Kanit Idik Narkoba Rp40 juta. Bahkan nama Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, juga terseret dalam persidangan. 

Kombes Riko disebut turut menggunakan uang sisa suap sebesar Rp75 juta, untuk membeli hadiah sepeda motor kepada seorang Babinsa TNI.
Komentar Anda

Berita Terkini