Buat Kagum, Tahanan Rutan Lapas Kotapinang Bangun Menara

/ Rabu, 24 November 2021 / 16.05


Topinformasi - Labuhanbatu


Seringkali terdengar ditelinga, apabila seseorang itu pernah menjadi narapidana (Napi) dianggap tabu. Untuk itu, guna menghilangkan stigma buruk atau negatif kepada eks Napi atau sering disebut warga binaan, Kalapas kelas llI A Kotapinang Labuhanbatu Selatan (Labusel), kanwil Kemenkumham Sumut, Edison Tampubolon, memberikan motivasi dan Ide nya kepada warga Lapas untuk membuat karya nyata yang dapat disumbangkan ditengah - tengah masyarakat.



Salah seorang warga binaan Lapas Kelas lll Kotapinang yang menonjol kali ini bernama Alim Harianto. Dirinya kini berhasil membuat menara setinggi 5 meter yang diperuntukkan ke Gereja HKBP Blok Songo Kotapinang guna menghiasi di pesta Natal sebagai Pohon terang (Pohon Natal).


Bukan itu saja, Ide dari Kalapas Kelas lll Kotapinang Kanwil Kemenkumham Sumut menuai hasil, ternyata sejak menjabat di Lapas Kotapinang pada tahun 2020 silam, pihaknya juga telah menyumbangkan Pohon Natal dan keranda untuk ke Mesjid yang berada di Labusel yang merupakan hasil karya warga binaan. 



Warga binaan Alim Harianto, kasus Narkoba yang menjalani hukuman 3 tahun kurungan itu, juga telah membuat menara Pohon Natal untuk Gereja HKBP Blok Songo Kotapinang dan juga ke gereja GKPS yang berada di Kampung Kristen Kotapinang, Kranda ke Mesjid yang berada di Kp. Pulo Kotapinang dan Kranda ke Mesjid Tomotua Kotapinang pada tahun 2020 lalu.


Kalapas Kelas lll Kotapinang Kanwil Kemenkumham Sumut, Edison Tampubolon mengatakan, pihaknya berupaya untuk memberikan edukasi kepada Warga Binaan untuk menonjolkan karya dan keterampilannya sebelum menjadi warga binaan. 


" Sebelum menjadi warga binaan Alim Harianto bekerja sebagai tukang Las, dan untuk mengembangkan bakatnya kami minta dia untuk membuat menara Pohon Natal buat ke Gereja dan keranda untuk ke Masjid", jelas Kalapas Edison pada wartawan. (Selasa, 23/11/2021)


Edison juga menyebutkan, Mereka Red (warga binaan), kami bimbing menjadi orang yang lebih baik, agar tidak mengulangi perbuatan tindak pidana yang berulang. Semoga mereka mengimani dan menyesali perbuatannya.


Pada bulan Mei 2021 lalu, Lapas Kota Pinang kanwil Kemenkumham Sumut kembali menyumbangkan Kranda ke Mesjid yang berada di Langkah Payung Labusel dan menjelang natal ini, Lapas Kota Pinang menyumbangkan Menara pohon terang ke gereja HKBP Tolan Kotapinang. (Samuel)

Komentar Anda

Berita Terkini