BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas Kota Medan

/ Jumat, 15 Oktober 2021 / 12.15

TOPINFORMASI.COM

Kota Medan dalam beberapa hari terakhir dilanda cuaca panas. Berdasarkan catatan dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, suhu tertinggi mencapai 36 derajat celsius, pada Senin (11/10).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Christin A Matondang, menjelaskan penyebab suhu panas diakibatkan adanya pola gangguan cuaca di kawasan Laut Cina Selatan.

"Gangguan itu seperti siklon tropis. Ini menyebabkan, massa udara tertarik ke daerah situ. Jadi keberadaan siklon ini membuat massa udara yang harusnya basah menjadi lebih kering. Karena ada aktivtas di Laut Cina Selatan tadi. Jadi sebenarnya ini dampak tidak langsungnya," jelasnya, Kamis (14/10).

Lanjut Christin, fenomena cuaca panas yang melanda Kota Medan tersebut akan berlangsung selama sepekan ke depan. Kendati demikian, potensi terjadinya hujan akan tetap ada.

"Aktivitas siklonnya sudah mulai melemah. Jadi kalau untuk di pertengahan dan akhir Oktober ini peluang hujan akan semakin tinggi lagi," ujarnya.

BMKG pun mengimbau agar masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah terutama saat cuaca ekstrem.

"Masyarakat diimbau untuk mengonsumsi air untuk mencegah dehidrasi. Kemudian, masyarakat diimbau waspada dengan potensi kebakaran hutan dan lahan. Jangan sampai melakukan aktivitas pembakaran lahan," pungkas Christin

Komentar Anda

Berita Terkini