Rakorda BAN PAUD dan PNF Provinsi Sumatera Utara Secara Virtual, Kadisdik Iliyas Sitorus Sebagai Narasumber. | TOPINFORMASI.COM

Rakorda BAN PAUD dan PNF Provinsi Sumatera Utara Secara Virtual, Kadisdik Iliyas Sitorus Sebagai Narasumber.

/ Selasa, 08 Desember 2020 / 12.13

 


Batu Bara. Topinformasi.com

Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal merupakan kegiatan yang saling melengkapi dan memperkaya peran orang tua sangat menentukan, sebagaimana diatur dalam UU Sisdiknas 20 tahun 2003 pasal 13 ayat 1. Pendidikan keluarga dengan ilmu agama kepada anak ini hal penting, membekali anak tentang budaya moral. 


Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus Senin 7/12/2020 usai memberikan pencerahan sebagai narasumber secara Virtual pada Rapat Koordinasi Daerah Badan Akreditasi Nasional (BAN) dan Pendidikan Nonton Formal (PNF) di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Batu Bara, Desa Perupuk, Kecamatan Datuk Lima Puluh Batu Bara.


Di Kabupaten Batu Bara, Lembaga Taman Kanak-kanak (TK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sejenis seperti Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ada sejumlah 15 lembaga, Dikmas Kursus 23 lembaga, TK/PAUD sebanyak 58 lembaga, PAUD SPS sebanyak 63 lembaga dan PAUD KB ada 226 lembaga sehingga keseluruhannya berjumlah 285 lembaga yang tersebar di 12 kecamatan di Batu Bara, jelas Iliyas.


Lanjut Ilyas, strategi pembelajaran TK/PAUD sejenis harus tetap memperhatikan prinsip pembelajaran anak usia dini yaitu belajar sambil bermain. 


Harapan kita semua peserta zoom meeting agar saling mengingatkan guru TK/PAUD sejenis, agar lebih kreatif dan inovatif dalam menyediakan media pembelajaran anak.  Guru dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih media permainan yang mereka senangi serta diharapkan pada waktu penggunaan media, sebaiknya guru berada di samping anak dan memberikan reward terhadap kegiatan yang di lakukan anak, papar Ilyas. 


Tenaga pendidik di TK dan PAUD juga di PKBM, adalah orang yang sangat berjasa dalam mendidik anak, mereka tak kenal lelah. Hal ini sangat lah pantas kalau Pemerintahan Provsu memperhatikan kesejahteraan para guru - guru honorer, terkhusus guru TK dan PAUD, tegasnya..



Pada kegiatan Zoom Meeting tampak hadir,  Ketua BAN PAUD dan PNF Sumatera Utara Irawati Kesuma Daulay, S.H. M. AP, Kepala Kantor Kementerian Agama, unsur/bidang terkait masing-masing Dinas Pendidikan / Kemenag  serta organisasi mitra seperti IGTKI, HIMPAUDI, IGRA, JIPKI, HISSPI dan PKBM se Provinsi Sumatera Utara. (dr)

Komentar Anda

Berita Terkini