KETUA UMUM KOMITE INDEPENDEN BATAK (KIB) TAGOR ARUAN MEMINTA KEPADA GUS YAQULT UNTUK MENCABUT SKB 2 MENTERI (PBM) Tahun 2006 TENTANG PENDIRIAN RUMAH IBADAH | TOPINFORMASI.COM

KETUA UMUM KOMITE INDEPENDEN BATAK (KIB) TAGOR ARUAN MEMINTA KEPADA GUS YAQULT UNTUK MENCABUT SKB 2 MENTERI (PBM) Tahun 2006 TENTANG PENDIRIAN RUMAH IBADAH

/ Kamis, 31 Desember 2020 / 13.41

 


Ketua Umum KOMITE INDEPENDEN BATAK (KIB), Tagor Aruan, dalam Pertemuan Akhir Tahun yang dilaksanakan secara Online pada 30 Desember 2020, menyambut baik pengangkatan Gus Yaqult Cholil menjadi Menteri Agama yang baru dan berharap agar Gus Yaqult dapat mengayomi seluruh agama di Indonesia.


Tagor menambahkan bahwa ada satu hal yang perlu menjadi perhatian yang serius bagi bapak Yaqult, yaitu SKB 2 Menteri (PBM) no. 8 dan no.9 yang ditanda tangani oleh Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri tahun 2006.

Pada pasal 14 tentang Pendirian rumah ibadah disebutkan harus ada minimal 90 anggota jemaat yang disahkan oleh pejabat setempat dan harus mendapat ijin dari 60 orang penduduk sekitar.

Peraturan ini lebih banyak menimbulkan permasalahan di lapangan karena pasal ini sering digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk menghalangi bahkan menyerang umat yang lain yang ingin mendirikan rumah ibadah maupun untuk beribadah.


Oleh sebab itu, Tagor Aruan memohon kepada bapak Menteri Agama, Gus Yaqult untuk segera mencabut atau membatalkan SKB 2 Menteri tersebut.


Dalam kesempatan tersebut KIB memberikan apresiasi kepada Riyanto, salah satu anggota banser NU yang telah dengan gagah berani mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan ratusan jemaat Gereja Ebenezer di Mojokerto, Jawa Tengah tepatnya tanggal 24 Desember 2000 yll dari serangan Bom dimana akhirnya sdr. Riyanto meninggal ditempat saat itu.


Tagor menyatakan bahwa Riyanto adalah Pahlawan Kemanusiaan yang sejati. 


KIB juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bpk. Sudarto dari Pusat Studi Antar Komunitas (Pusaka), Padang, dimana tahun 2019 yang lalu, Bpk. Sudarto menentang kebijakan yang melarang Umat Kristen di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat untuk merayakan Natal. Bpk. Sudarto akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan karena menyuarakan hal tersebut.


Dan KIB juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI - POLRI dimana akhir-akhir ini melakukan tindakan hukum yang tegas atas aksi-aksi Radikalisme dan intoleransi dan juga premanisme dengan mengatas namakan agama.

KIB akan terus mendukung TNI - POLRI dalam menegakkan Hukum serta menjaga ketertiban dan Keamanan di negeri ini.


Untuk itu, Tagor Aruan mengajak seluruh umat Kristen dimanapun berada untuk mendoakan para pemimpin negeri ini ; Bpk. Presiden Joko Widodo, Bpk. Kyai H. Ma'ruf Amin beserta seluruh jajarannya agar diberikan Tuhan kesehatan, Akal Budi, Hikmat dan Kebijaksanaan dalam memimpin bangsa ini, sembari mengucapkan Terima kasih secara khusus kepada seluruh anggota Banser NU dan kepada umat Muslim yang telah ikut berjuang bersama-sama menjaga Kebinekaan serta saling menghormati, saling menghargai Perbedaan dan Kemajemukan di negeri ini.


Sebagai penutup, Tagor Aruan mengajak seluruh keluarga besar KIB dan juga seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk tidak membiarkan siapapun merampas jiwa Persatuan dan Kesatuan, Kerukunan serta Kedamaian di negeri ini, apapun alasannya".

Dan atas nama Pengurus KIB, Tagor mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru untuk seluruh keluarga besar KIB, para Relawan dan Seluruh Umat Kristen dimanapun berada.


Hadir dalam pertemuan Virtual Online tersebut pengurus-pengurus KIB antara lain, Eddin Sihaloho, SE, Jhon Tulus Sitompul, S.Sos, Lindung Pandiangan, SE, SH, MH, Maslen Sinaga, S.Sos, MM, Alfiner Situmorang, S.Kom, MM, Jonni Silitonga, SH, MH, Mesta Naibaho, SH, MH, Susianna Simanjuntak, SH, M.Kn, Nurita Sitio, SE, Manungkol Pardede, Drs. Poltak Marbun, STh, MMin, Dompak Pasaribu, SE, MM, Yohannes Siregar, STh, Andreas Rocky Lenore, Viktor Sitompul, Erwin Hutabarat, Oktavianus Hutahaean, Umriza, Tri Dharma Sipayung, SE, MM, Mona Simatupang, Jules Sihombing, Mian Tambunan, Ida Sitorus, Tioma Sipayung, Monetaris Butarbutar, SE, MM, Mangatas Simarmata, SE, Farel Panjaitan, Saut Bakara, Ganda Manullang, SE, Sabar Hasibuan, Leo Tampubolon, SE, Ronny Marbun, SE,  Roland Silaen, Robert Sitompul, Nathanael dan para Ulubalang Batak. 

Hadir juga Pengurus DPC Deli Serdang, antara lain, Ramses Hutabarat, Agustinus Purba, Manullang dll.

Komentar Anda

Berita Terkini