Kadisdik Batubara Selenggarakan Lomba Cerdas Cermat 'Melawan Lupa' Via Aplikasi Kahoot.id. | TOPINFORMASI.COM

Kadisdik Batubara Selenggarakan Lomba Cerdas Cermat 'Melawan Lupa' Via Aplikasi Kahoot.id.

/ Rabu, 25 November 2020 / 11.44

 


Topinformasi.com

Dalam rangka menyambut HUT PGRI dan hari Guru tahun 2020, Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara menggelar kuis dan  lomba cerdas cermat yang diikuti seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP baik negeri maupun swasta se Kabupaten Batu Bara di SMPN 1 Datuk Lima Puluh, Batu Bara.


Lomba dalam bentuk game dan kuis via aplikasi Kahoot.id mengambil thema melawan lupa dengan menyebutkan 7 Perintah Harian Bupati  Batu Bara tanpa teks. 


Demikian disampaikan Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus lewat pesan Whatsappnya, Selasa (24/11/2020) pukul 22.38 WIB.


Dikatakan Ilyas, lomba yang digelar Selasa (24/11/2020) siang menggunakan aplikasi 

Kahoot.id  karena merupakan platform pembelajaran berbasis game atau kuis trivia.  



Dalam aplikasi ini pengguna bisa membuat dan menjawab berbagai kuis pilihan ganda. 

Karena itu dikatakan Ilyas,  aplikasi Kahoot.id ini  dapat dipakai dalam pembelajaran di sekolah.


"Disisi lain dalam fitur yang disediakan oleh Kahoot.id memungkinkan jajaran kita dalam pendidikan khususnya sekolah membuat kuis trivia. Kuis tersebut bahkan  bisa digunakan untuk pre-test sebelum memulai ajaran yang baru", papar Ilyas.


Dengan aplikasi Kahoot.id,  siswa  diyakini Ilyas akan lebih interaktif menerima dan menjalankan kuis yang diberikan.  Siswa juga akan merasa tidak monoton dan membuat siswa lebih fokus terhadap pembelajaran.


"Silakan dalami dan manfaatkan aplikasi ini sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di sekolah",  terang Ketua PGRI Kabupaten Batu Bara tersebut.


Sementara Ketua MKKS SMP Kabupaten Batu Bara, Tobok L. Situmorang menyampaikan bahwa melawan lupa merupakan tema yang sengaja diangkat dalam menyambut  dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ) dan Hari Guru Nasional ( HGN ) ke 75 Tahun 2020. 


Masih menurut Tobok bahwa kegiatan melawan lupa ini selain menyebutkankan Tujuh Perintah harian Bupati Batu Bara Zahir juga memperlombakan  Cerdas Cermas Via Aplikasi Kahoot.id atau melakukan permainan melalui Game/Kuis Trivia.


Tim juri Kabid Dikdas Irwansyah, Kabid Budaya Halimah dan Kasi Peserta Didik Hasbullah dan penganggung Jawab Lomba Sekretaris Disdik Darwinson Tumanggor akhirnya menetapkan Juara I : Rahmadsyah Rangkuti (Ka. UPTD SMP N 2 Lima Puluh Pesisir) dan Juara II Israwani, Ka.  UPTD SMP N 1 Tanjung Tiram serta Juara III Aisyah Ka.UPTD SMP N 2 Talawi. 


Sedangkan untuk kegiatan Lomba Cerdas Cermat Juara I Kecamatan Datuk Lima Puluh atas nama Roro Pujiningtias dan Tobok L. Situmorang. Juara II Kecamatan Lima Puluh Pesisir atas nama Rahmadsyah Rangkuti dan Imanto sedangkan Juara III Kecamatan Datuk Tanah Datar atas nama Hotmaida Ritonga.  (dr)

Komentar Anda

Berita Terkini