Pegiat Asean Studies : Jangan Panik, Wabah Virus Corona Masih di Area Segaris Subtropis

/ Kamis, 12 Maret 2020 / 19.13

Topinformasi.com-Jakarta - Pegiat Asean Studies, Muhammad Ichsan,  menghimbau kepada penduduk di Asia Tenggara khususnya Indonesia untuk tidak panik berlebihan terkait dengan meluasnya dampak virus corona.

" virus corona yang menjangkiti warga di kawasan Asia Tenggara adalah positif masih di dominasi oleh turis pendatang ", ujar Ichsan.

Masyarakat Asia Tenggara, Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand dikenal sebagai titik sentral perkembangan ekonomi global dan khususnya lalu lintas manusia di kawasan tersebut.

Disebutkan Ichsan, Mahasiswa Pasca Asia Tenggara, Fakultas Ilmu Budaya,  Universitas Indonesia (FIB UI), Data temuan baru memberitakan bahwa persebaran virus masih "segaris subtropis".

" artinya kawasan yang sangat parah terjangkit dominan di area iklim sejuk " jelasnya.

Dikutip melalui sebuah gambar bahwa virus corona segaris melintasi negara yang menjadi kawasan terdepan daratan non China. Seperti, Korea Selatan, Iran, Amerika Utara, Eropa Selatan (Italia) serta wilayah yg dilintasi Iklim Subtropis.

Pandemi virus ada di satu garis Negara Suptropis. Yakni Prancis-Italia- Iran- Wuhan- Korea- -Jepang-Seattle-Washinton/New York. " Artinya kota - kota yang parah ini berada di kondisi suhu yang relatif sama".  tambahnya.

" Indonesia beruntung berada di garis khatulistiwa yang cenderung panas jadi gak usah takut Indonesia akan semakin parah" tutup Ichsan .(MI/red)
Komentar Anda

Berita Terkini