Narapidana Rutan Kelas II-B Kabanjahe Rusuh

/ Rabu, 12 Februari 2020 / 19.00

Topinformasi.com-Kerusuhan dan keributan  diikuti dengan kebakaran terjadi di Rutan  kelas IIB Kabanjahe di Jalan Bhayangkara, Karo Sumatera Utara, Rabu 12 Februari 2020 Pukul 11,30 Wib.

Josua Ginting Humas Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM saat dikonfirmasi, Atas insiden tersebut para narapidana yang ada di rutan dievakuasi.
“Iya benar terjadi kerusuhan dan kebakaran di Rutan Kabanjahe. Ini saya bersama dengan tim sedang menuju ke Karo.

Namun Joshua mengaku belum mengetahui persis penyebab kerusuhan dan kebakaran. Dia pun belum mengetahui ada tidaknya korban jiwa atau warga binaan yang melarikan diri dalam peristiwa ini.Informasi yang beredar sempat terjadi aksi lempar batu dari dalam rutan. Namun info ini belum terkonfirmasi.

Belakangan api mulai membakar bangunan yang ada di penjara. Dalam video yang beredar di media sosial, api bahkan sudah membakar gereja yang ada di tengah Rutan. Sementara petugas pemadam kebakaran dengan menerjunkan 8 delapan unit mobil  terus berjibaku untuk menjinakkan si jago merah , sekitar jam 15.00 wib api berhasil dipadamkan.

Ratusan aparat kepolisian dan TNI diterjunkan ke lokasi untuk membantu mengendalikan situasi. “Sudah ada penanganan dari TNI/Polri setempat bersama kita,” kata Josua
Situasi dan kondisi di Rutan Kabanjahe tersebut saat ini masih mencekam. Kerusuhan masih belum diketahui penyebabnya, namun aparat kemanan sudah diterjunkan ke lokasi, dari kepolisian dan TNI.


“Masih mencekam, namun petugas dari kepolisian dan TNI sudah berada di sini, di lokasi,” kata salah seorang  sumber di lokasi kejadian  Beberapa orang telah dievakuasi menggunakan mobil tahanan milik kajari karo dan  Polres Tanah Karo “ujarnya .

Sementara Kepala Rutan Kelas II B Kabanjahe, Simson Bangun, SH membenarkan terjadinya kebakaran di Rutan Kelas II B Kabanjahe. Simson Bangun, juga mengungkapkan bahwa Rutan Kelas II B Kabanjahe, sudah over kapasitas, daya tampung hanya 160 orang tapi dihuni sebanyak sekitar 450 orang, ujarnya sembari mengaku senjata personil Rutan dilaporkan aman.

Terkait penyebab kericuhan, dia mengaku belum mengetahui secara detail, pihaknya masih mengumpulkan data data. “Sabar ya, nanti akan disampaikan kalau semuanya sudah jelas,” ujarnya.

Menyinggung ratusan warga binaan yang sudah dikumpulkan pihak aparat Polres dan TNI, Ka Rutan mengaku untuk sementara ditempatkan dulu Mapolres Karo untuk selanjutnya dilakukan pendataan, ucapnya. Go2
Ket.Photo
1.  warga Binaan ketika diEvakuasi Ke Polres Karo.
2. Para Warga binaan rutan kabanjahe saat melakukan Pembakaran
3.Api membakar Atap Rutan Kelas II-B Kabanjahe
4.Para Warga Binaan dikumpulkan Di Polres Karo Untuk Di Data.(red)
Komentar Anda

Berita Terkini