Aksi Pencurian Burung Bernilai Jutaan Terekam CCTV Ditangkap Warga, Pelaku Dihajar Warga

/ Jumat, 06 Desember 2019 / 05.53

Medan,Topinformasi.com-Aksi pencuri burung berkicau bernilai jutaan rupiah di Komplek Puri Jalan Bajak 2 H Kelurahan Harjosari 2 Kecematan Medan Amplas terekam CCTV Kamis (27/11) sekira jam 02 .00 Wib .


Pelaku bernama Sandi (21)  warga Jalan Karang Anyer Desa Marindal 1 Kecamatan patumbak yang sempat kabur dan menghilang selama sepekan dengan membawa hasil curiannya dua ekor burung jenis murai batu dan jenis murai daun akhirnya berhasil ditangkap warga di Jalan Advokat Raya Dusun 1 Desa Marindal 1 Kec Patumbak Kab Deli Serdang Rabu (4/12) sekira Jam 20.00 Wib


Informasi didapat, pelaku (Sandi) beraksi di rumah korban bernama Hari (30) hanya seorang diri. Pelaku dapat terlacak karena aksinya terekam kamera CCTV dan wajahnya dikenali oleh warga sekitar saat masuk dengan memanjat pagar untuk mengambil burung milik korban yang tegantung dalam sangkar di teras rumah korban.


Sedangkan burung yang curi pelaku jenis Murai Batu dan Murai daun yang telah jadi itu telah dijual murah. Uang hasil kejahatan digunakan untuk berfoya-foya dan mabuk-mabukan dan hisap narkoba.


Sementara, warga bernama Wagiman dilokasi kejadian menyebut, aksi tersangka sudah lama meresahkan warga, banyak warga mengaku, sering kehilangan, baik burung kesayangannya, ternak, tabung Gas Elpiji, Helm, sepatu, dan bahkan kereta juga sering hilang, dan kami menduga dia (Sandi) pelakunya.

Namun kata Wagiman aksi pelaku yang nyata  baru kali ini terlihat dengan jelas, itupun lantaran wajahnya terekam kamera CCTV.


"Karena resah dengan aksi pencurian yang marak terjadi, dan kebetulan orang yang dicurigai terekam CCTV, warga langsung waspada dan tadi (malam ini) pelaku terlihat warga melintas di Jalan Advokat Raya Dusun 1 Desa Marindal 1 Kec Patumbak Kab Deli Serdang diduga kembali ingin beraksi,"sebutnya.


Sebut Wagiman lagi, kebetulan pelaku lewat, warga ada yang melihat, dan curiga dengan gerak-geriknya langsung dikejar, tapi saat di kejar Sandi sempat melarikan diri, naas akhirnya Sandi berhasil di tangkap, warga yang telah emosi sempat juga memukulinya.


"Karna warga banyak yang mengenal Sandi dan juga orang tuanya, maka warga disini tidak sampai hati, dan warga memilih untuk diserahkan ke Polsek Patumbak. Kalau tidak kenal baik dengan orang tuanya mungkin sudah lumat di permak warga," kata Wagiman.


Dikatakan Wagiman, kalau Sandi dan orang tua dulunya tinggal Jalan Advokat Raya Dusun 1 Desa Marindal 1 Kec Patumbak ini, tapi sekarang tidak lagi, dia tinggal di jalan Karang Anyer Desa Marindal 1 Kecamatan patumbak.


Tapi sebut Wagiman, setiap kali si Sandi itu masuk ke Jalan Advokat Raya Dusun 1 Desa Marindal 1, pasti besoknya pasti ada warga di sini kehilangan, hanya saja setiap aksi yang dilakukannya tidak pernah kepergok.


"Sekarang orang kami dicurigai selama ini akhirnya ketangkap, Meski kami tak mengetahui siapa pelaku pencurian di kampung kami ini. Tapi kami menduga aksi pencurian yang pernah terjadi di kampung ini, itu dilakukan oleh Sandi dan komplotannya. Muda-mudahan polisi bisa mengembangkan dan mengungkapnya,"
sebut Wagiman selaku pemuka masyarakat di Jalan Advokat Raya berharap.


Kanit Reskrim Polsek Patumbak Iptu Gindo Manurung, membenarkan pelaku pencurian burung milik warga yang terekam CVTV  telah di amankan pihaknya.


"Pelaku telah telah kita amankan, sedangkan korbannya juga telah resmi membuat laporan polisi, dan saat ini pelaku sedang kita periksa, guna proses lebih lanjut,"kata kanit. (Red)
Komentar Anda

Berita Terkini