DPD FERARI SUMUT melakukan PKPA Angkatan IV di Hotel Grand Antares

/ Minggu, 27 Oktober 2019 / 11.28
MEDAN | Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sumut dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Medan Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) bekerjasama dengan Fakultas Hukum UNIKA St Thomas Sumut kembali menggelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan ke IV tahun 2019. Kelas eksekutif ini berlangsung di Hotel Grand Antares sejak Rabu sampai Sabtu (23-26/10/2019) kemarin.



Seperti pada angkatan-angkatan sebelumnya, organisasi advokat ini kembali menghadirkan tokoh-tokoh besar di bidang hukum asal Sumatera Utara guna mengisi materi PKPA. Di antaranya, Prof Dr Maidin Gultom SH MH yang juga selaku Dekan Fakultas Hukum UNIKA St Thomas Sumut yang berlangsung pada hari pertama.

Kemudian di hari yang sama, Hakim Pengadilan Negeri Medan, YM Riana Pohan SH MH juga turut memberi pembekalan ilmu kepada para peserta dengan materi Hukum Acara Peradilan Niaga, yang dirangkai dengan materi Hukum Acara Pidana yang dibawakan Dr Elizabet Ghozali SH MHum yang juga selaku Dosen Fakultas Hukum UNIKA St Thomas Sumut.

Keesokan harinya, puluhan peserta dipertemukan pula dengan sejumlah Calon Hakim Tata Usaha Negara (TUN) yang sedang berstatus magang di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan atas pimpinan A. Tirta Irawan SH MH. Sebagaimana bidangnya, Hakim PTUN Medan ini mengajarkan Hukum TUN.



Pada hari ketiga, para calon Advokat ini juga diberi wejangan ilmu Hukum Pajak dan Perbankan yang disampaikan oleh Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) FERARI Sumut, Lindung Pandiangan SE SH MH, yang juga menjabat sejumlah posisi penting di berbagai organisasi nasional dan daerah.

Selanjutnya Advokat Senior, AD Handoko SH MH dari Law Office HANDOKO LIBERTY juga tak ketinggalan memberikan ilmu bagi peserta dengan materi Legal Opinion yang berlangsung pada hari keempat, yang dirangkai dengan Materi Kode Etik oleh Ketua DPD FERARI Sumut, Baginta Manihuruk SH MH.



Pada hari terakhir itu, Ketua Umum DPP FERARI, DR (Yuris) DR (MP) H Teguh Samudera SH MH sengaja terbang dari Ibu Kota Jakarta demi memberi semangat kepada para peserta calon advokat tersebut.



Di samping memberikan materi Legal Reasoning atau Penelusuran/Penalaran Hukum, serta teknik Wawancara dengan Klien, serta Hukum Acara Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Praktisi hukum nasional senior ini menekankan bahwa Advokat bentukan FERARI harus profesional dan religius sebagaimana motto yang diusung organisasi fenomenal tersebut.



Sementara itu, Ketua DPD FERARI Sumut, Baginta Manihuruk SH MH didampingi Ketua DPC FERARI Medan, Ganda Putra Marbun SH MH dalam keterangan persnya mengatakan, untuk kegiatan PKPA kali ini diikuti oleh 23 orang peserta yang berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Sumut.



“Kita berkomitmen akan selalu menciptakan advokat yang profesional dan religius. Itu yang membuat kita bersemangat menghadirkan tokoh-tokoh besar di bidang hukum ini, agar para peserta benar-benar dapat mendapatkan ilmu yang mumpuni, sehingga dapat digunakan ketika nanti melakukan praktek di lapangan,” katanya.



Selanjutnya, timpal Ganda Putra Marbun SH MH, para peserta yang nantinya lulus, apabila belum memiliki kantor, pihaknya bersedia memfasilitasi kantor sementara. Baik di kantor DPD, DPC, termasuk di kantor-kantor LBH FERARI yang tersebar di beberapa Kabupaten Kota.



“Jadi nanti rekan-rekan dapat sambil belajar sambil berpraktek dari rekan-rekan senior yang sudah terlebih dahulu berpraktek,” kata Ganda sembari mengingatkan kepada peserta untuk hadir pada Ujian Profesi Advokat (UPA) yang rencananya akan digelar pada hari Sabtu tanggal 2 November 2019 mendatang.



“Bagi yang berminat mengikuti UPA pada pekan depan ini, kita juga memberikan kesempatan kepada rekan-rekan lainnya, asalkan sudah mengantongi sertifikat PKPA, tentunya dengan memenuhi sejumlah persyaratan, agar nantinya dapat diterima untuk dilantik dan diangkat sumpah menjadi advokat,” ujarnya.(red)
Komentar Anda

Berita Terkini