Simpan Sabu Dalam Dubur, Pria Asal Muara Bunggo Terdiam Divonis 7 Tahun Penjara

/ Selasa, 26 Maret 2019 / 20.17
Foto.Terdakwa
Topinformasi, PN MEDAN | Masih ingat dengan Dian Syahputra alias Dian (24) warga Jalan Pasar Sore Kecamatan Batin II Pelayang Kabupaten Muara Bungo, yang menyimpan narkoba jenis sabu seberat 45 gram di dalam lubang dubur, ia hanya bisa terdiam dan pasrah divonis selama 7 tahun penjara dan membayar denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan.

Pada persidangan yang berlangsung Ruang Cakra V Pengadilan Negeri (PN) Medan, kemarin, Majelis Hakim yang diketuai oleh Erintuah Damanik menyatakan Dian dinyatakan terbukti bersalah menyimpan narkotika jenis sabu seberat 45 gram di dalam duburnya. "Menjatuhkan hukuman pidana kepada terdakwa Dian Syahputra alias Dian selama 7 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan," tandas Majelis Hakim Erintuah Damanik.

Majelis hakim berpendapat, hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika dan merusak para generasi muda.Sedangkan yang meringankannya berlaku sopan saat setiap di sidang.

Perbuatan terdakwa, lanjut hakim, dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 114 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Menanggapi putusan itu, terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya menyatakan terima.

Senada dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ucok Yoantha meski tuntutannya lebih ringan satu tahun yakni selama 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. "Putusannya sudah inkrah (berkekuatan hukum tetap)," ucap JPU Ucok usai sidang.

Dalam dakwaan JPU Ucok, pada Rabu tanggal 12 September 2018 sekira jam 08.00 wib, di salah satu PO Bus, Jalan SM Raja Kecamatan Medan Amplas, petugas kepolisian dari Polrestabes Medan menangkap terdakwa dan menemukan satu paket narkotika jenis sabu dengan berat 45 gram.

"Sabu tersebut terdakwa dapatkan dari Abdul Gani (belum tertangkap) di Kabupaten Bireun, Aceh atas perintah Irul (belum tertangkap) untuk dibawa ke Jambi dengan upah sebesar Rp 5.000.000," ujar JPU dari Kejari Medan itu.
Komentar Anda

Berita Terkini