Tim Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut menangkap pegawai PT Pelita Indonesia Djaya Coorporation (PIDC), anak perusahaan PT Pelni.

/ Jumat, 29 Juni 2018 / 13.55



Sumut (Topinformasi.com) || Lagi,Reskrimsus Subdit Tipikor Polda Sumut kebali berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT),Selas (26/06/18) kemaren.

Dir Reskrimsus Poldasu Kombes Toga Panjaitan melalui Kasubdit III/Tipikor AKBP Doni Satria Sembiring  SH SIK MSi saat dikonfirmasi awak media membenarkan adanya OTT terhadap oknum pegawai PT PIDC di Belawan.
"Pegawai berinisial NR tersebut ditangkap dalam sebuah Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Dermaga Depo Pelindo Belawan pada hari Selasa 26 Juni 2018 kemarin,informasi dari masyarakat yang kita tindak lanjuti,"tutur Doni.
Dijelaskannya,"modus tersangka menerima barang atau daging yang dipungut biaya Rp. 2.500 per kilogram dari para pengusaha untuk dititipkan di dalam kontainer milik Permana Ginting sebagai pemilik dua kontainer. Namun ketika di TKP dia mengambil kewenangan dari PT Sarana Bandar Nasional (SBN) anak perusahaan PT Pelni dan uang pembayaran ongkos kontainer pengusaha mengirimkan ke rekening pribadi dari tersangka NR.Seharusnya dikirim dan dibayarkan ke rekening sah milik PT SBN, bukan rekening pribadi tersangka,” ungkapnya.

"Barang bukti yang berhasil diamankan,uang tunai sebesar 600 ribu rupiah, buku tabungan Bank Mandiri Nomor Rek 106-00-0226170-2 atas nama Nyono Rafii sebagai rekening penampung uang sewa kontainer dengan saldo Rp. 79.571.954, ATM Bank Mandiri atas nama Nyono Rafii, ID Card PT Pelni yang juga atas nama Nyono Rafii,daging sebanyak 200 kg",tambah Doni.

Mengenai tindak lanjut petugas,AKBP Doni (mantan Kabag Ops Polrestabes Medan) menyampaikan bahwa penyidik  melakukan pemblokiran dan penyitaan terhadap rekening Bank Mandiri milik tersangka dan akan melakukan pemeriksaan terhadap ahli dari PT. Pelni.

Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut yang dipimpin oleh AKBP Doni Satria Sembiring SH SIK MSi juga melakukan OTT di beberapa lokasi antara lain kota Padangsidimpuan, Tanjungbalai dan Kepala Dinas Perizinana Kabupaten Padanglawas.***(Red)

Komentar Anda

Berita Terkini