TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

Sosialisasi Rencana Pelaksanaan Lahan Padi Sawah Percontohan

/ Sabtu, 07 April 2018 / 07.30
Ratusan petani sawah di kawasan persawahan Hilinifaoso Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, mengikuti sosialisasi rencana pelaksanaan lahan padi sawah percontohan, bertempat di Rai Center Telukdalam, Kamis (05/04/2018). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan sebagai salah satu program Pemerintah Daerah sebagaimana Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2016-2021.
        Pada sosialisasi tersebut, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara, Khadijah Lubis, menyampaikan bahwa BPTP menyediakan bibit padi unggul sebanyak 250 Kg untuk 10 hektar sawah atau 25 Kg per hektar, dan akan diserahkan kepada petani secara gratis. Selain itu, pihak BPTP akan menugaskan 2 (dua) orang tenaga pendamping yang akan membantu para petani sawah untuk memberikan penyuluhan. 
        Sementara itu, dalam arahan Wakil Bupati Nias Selatan, Sozanolo Ndruru mengharapkan agar rencana pelaksanaan lahan percontohan padi sawah ini dapat direspon dengan serius oleh para petani, dan mengikuti pendampingan yang disampaikan oleh pemerintah melalui Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, BPTP dan penyuluh pertanian dari Anggota Koramil 12/Telukdalam. Lebih lanjut, Wakil Bupati Nias Selatan menghimbau para petani agar memanfaatkan KUR yang ditawarkan oleh BRI dan Bank Sumut sebagai modal untuk pembelian sarana produksi berupa obat-obatan, pupuk, dan lain sebagainya.
        Selanjutnya, Kepala BPKPAD Kabupaten Nias Selatan, Monasduk Duha,SE,.MM., menyampaikan bahwa salah satu program pemerintah adalah meningkatkan produktifitas pertanian. “Jadi melalui program ini, Pemerintah Kabupaten akan terus melakukan pendampingan serta mengalokasikan anggaran pada sektor pertanian, karena dengan meningkatnya produktifitas sehingga akan mempengaruhi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani. Untuk itu diharapkan agar para petani menyambut baik program ini, dan meningkatkan kerja sama antar anggota kelompok termasuk dalam penerapan teknologi yang disampaikan oleh tenaga pendamping.
        Pada sosialisasi ini, peserta juga menerima paparan materi dari Pimpinan BRI Telukdalam, Bank Sumut, Kepala BPS Telukdalam, Anggota Koramil 12/Telukdalam serta penegasan teknis dari Tim BPTP Sumut, Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Selatan. Sosialisasi ini penuh dinamika karena selain paparan narasumber, juga peserta turut memberi respon dan umpan. 
Komentar Anda

Berita Terkini