TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

Simulasi Penanganan Kebakaran Gedung Bertingkat

/ Jumat, 27 April 2018 / 22.30
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai menggelar simulasi penanganan musibah kebakaran di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Kamis (26/4/2018).

Pantauan wartawan, kegiatan simulasi diikuti puluhan personel dan relawan gabungan dari BPBD Kota Binjai, Tagana Dinas Sosial Kota Binjai, PMI Cabang Kota Binjai, FKDM Kesbanglinmaspol Kota Binjai, Senkom Mitra Polri, dan Pramuka.

Dalam kegiatan itu, dipraktikan sejumlah teknik pemadaman api, serta metode penyelamatan korban, mulai dari proses evakuasi dari dalam gedung hingga penanganan medis sementara sebelum dibawa menuju rumah sakit.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Binjai, yang juga Kepala BPBD Kota Binjai, M Mahfullah Pratama Daulay, didampingi Kepala Pelaksana BPBD, Ahmad Yani, Kepala Kantor Kesbanglinmaspol, Nasrullah Effendi, dan Kapolsek Binjai Selatan, Kompol Adam Malik Lubis, mengatakan, simulasi dilaksanakan sebagai bagian dari metode latihan terpadu bagi Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Daerah Kota Binjai.

Sekretari Daerah Kota Binjai M Mahfullah Daulay mengatakan kegiatan Hari kesiapsiagaan Bencana nasional dilaksanakan BPBD secara serentak di seluruh Indonesia.

"Kebetulan, kegiatan yang kita gelar hari ini dilakukan dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, dan dilakjkan secara serentak di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Adapun tujuan pelaksanaan simulasi itu sendiri, seru Mahfullah. Tidak lain untuk meningkatkan kemampuan personel, terkait penanganan dan teknik penyelamatan korban kebakaran di gedung bertingkat.

"Momentum seperti ini sangat penting, terutama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang menempati rusunawa, agar lebih memiliki kesiagsiagaan dalam menghadapi kebakaran," terangnya.

Selain itu, dia juga berharap setiap pengelola rumah susun dan gedung perkantoran bertingkat, turut menyediakan perlengkapan pengaman dan sarana pemadam api.

"Terima kasih kepada semua seluruh personel, relawan, penghuni rusunawa, dan pihak yang membantu dan turut terlibat dalam pelaksanaan simulasi ini. Salam kompak, salam tangguh, dan siap untuk selamat," seru Mahfullah.

Foto: Tim BPBD saat melakukan simulasi penanganan musibah kebakaran di Rumah Susun Sederhana Sewa
Komentar Anda

Berita Terkini