Melaksanakan Upaya Khusus (upsus) Pendampingan Petani Dalam Rangka Swasembada Pangan

/ Kamis, 05 April 2018 / 18.58
Babinsa Koramil 05/BK Desa Baru Serda Sahrul melaksanakan upaya khusus (upsus) pendampingan petani dalam rangka swasembada pangan, Kamis(05/04/18).

Dalam pendampingan tersebut babinsa membantu petani melakukan pencabutan rumput yang tumbuh disekitar tanaman jagung di lahan milik Bapak Hidayar diDesa Baru Kec. Batang Kuis Kab. Deli Deli Serdang.

“Pada pengendalian satu masalah yang dihadapi dalam upaya peningkatan produktivitas jagung, termasuk pertumbuhan gulma menjadi faktor yang cukup mengganggu dalam budidaya jagung,” kata Babinsa Serda Sahrul.

Dia menambahkan, tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama bisa mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal.

Sementara, Danramil 05/BK Kapten CKU (K) Mardiah Nasution. SE mengungkapkan, tanaman jagung tersebut perlu dirawat agar bisa tumbuh optimal. Salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu tanaman jagung. Ini mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung.

“Ini dilaksanakan secara bersama-sama antara Babinsa dan masyarakat setempat,” ujarnya.

Dengan memonitoring tanaman di desa binaannya, ini untuk sebagai apresiasi tindakan percontohan bagi masyarakat setempat.

“Dalam kegiatan itu yang dimaksud untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung,” tambah Danramil.

Sahri pun sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah bersedia mendampingi para petani. Sehingga petani khususnya di Desa Baru Kec. Batang Kuis Kab. Deli Deli Serdang mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara merawat dan menanam jagung dengan benar.

Dirinya berharap dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani akan menghasilkan panen sesuai yang diharapkan. Hingga akhirnya dapat mendukung suksesnya kegiatan swasembada pangan sesuai harapan pemerintah. 
Komentar Anda

Berita Terkini