Pemkab Paluta Gelar Sosialisasi TTG dan Inovasi Desa

/ Kamis, 15 Februari 2018 / 18.08
Pemerintah Kabupaten Padang lawas utara (Paluta) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Paluta mensosialisasikan program Teknologi Tepat Guna (TTG) dan inovasi desa.

Sosialisasi Program TTG dan inovasi desa di buka langsung oleh Kadis PMD Paluta H.Ihpan Siregar di dampingi Sekretarisnya Syobirin  siregar dan digelar selama dua hari ,Senin -selasa (12-13/2/2018) di Aula Hotel lobu bara Gunungtua julu, Kecamatan padang bolak serta di hadiri oleh Kepala desa dan perangkat desa dari 12 kecamatan di Paluta.

Tampak dalam Acara sosialisasi tersebut menghadirkan Nara sumber dari Dinas PMD Provinsi sumatera utara Juara Hasibuan,SH dan Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan  Masyarakat Desa (TA P3MD) Andi Arman Piliang.

Sementara itu,Kabid Pengelolaan SDA dan TTG Pada Dinas PMD Paluta  Rosmalina Hasibuan saat ditemui diruangan kerjanya Rabu(14/2/2018) mengatakan program  TTG dan Inovasi desa merupakan bagian dari upaya implementasi UU Desa No 6 tahun 2014, yang nantinya fokus pada pengembangan potensi desa melalui empat program unggulan di Kementerian Desa PDTT.

"Empat program unggulan itu adalah produk unggulan desa, program unggulan antar desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), dan Embung," tuturnya kepada wartawan

Menurutnya, target yang akan menjadi pencapaian pada program tersebut adalah nilai bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal, bidang sumber daya manusia, maupun bidang infrastruktur.

"Intinya, segala usaha yang akan memberikan dampak memicu peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa," ujar Rosmalina.

Ia manambahkan, tujuan dari sosialisasi tersebut adalah memotivasi dan menggali potensi yang ada di desa guna menciptakan lapangan usaha berbasis TTG dan inovasi desa.

Serta melakukan pembinaan dan pengembangan usaha di desa desa yang sudah memiliki usaha berbasis TTG dan Inovasi desa, namun usaha usaha di desa tersebut belum berkembang.

"Ada beberapa desa sudah memiliki usaha berbasis TTG dan inovasi desa seperti usaha keraajinan tangan kain maupun makanan ringan, itupun akan kita berikan solusi untuk pengembanagan usahanya,karena  pada saat sosialisasi yang paling mencuat dari peaerta tersebut tentang peran Pemkab Paluta terkait  pemasaran dan pengembangan hasil usaha mereka" tutup Rosmalina.
Komentar Anda

Berita Terkini