HALAL BIHALAL,KEKUATAN AGAMA DAN TRADISI BUDAYA DALAM MENJAGA TOLERANSI,PERSATUAN DAN KEDAMAIAN

/ Selasa, 07 Mei 2024 / 19.40
Oleh Zulfan Nababan
Pengasuh Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur'an Ummahatul Mukminin Batangkuis Deli Serdang SUMUT.

TOPINFORMASI.COM,6 April 2024,Acara Rumah Terbuka Aidilfitri 1445 H yang diadakan oleh Konsulat Jenderal Malaysia di Medan atau di Indonesia biasa masyarakat menyebut nya dengan OPEN HOUSE,,bahasa Inggeris tapi bahasa nya sudah membumi di masyarakat umum Indonesia sudah  menjadi seperti bahasa Indonesia,,,biasa nya di adakan pada hari hari besar keagamaan khusus nya sebagai tanda syukur atas nikmat karunia dari ALLAH SWT Tuhan Yang Maha Kuasa.

Acara Rumah Terbuka Aidilfitri yang dikenal di Negara Malaysia dan Open House di Negara Indonesia adalah sebuah  tradisi budaya yang berisikan nilai nilai keagamaan yang sering di sebut dengan HALAL BIHALAL,, dapat di hadirin oleh semua orang dari latarbelakang yang berbeda,,Mulai dari Agama dan kepercayaan yang berbeda,,Suku dan wajah yang berbeda,,Negara yang berbeda,,hadir menjadi satu berkumpul untuk membentuk suatu ikatan.

Silaturrahmi yang kuat untuk menjunjung tinggi dan saling menghargai nilai nilai keagamaan,,Sosial dan budaya.,,,Hal ini didasarkan pada Al Qur'an Surat Al Hujurat ayat 13,,dimana ALLAH SWT menciptakan manusia dengan keberagaman nya.

Mempunyai tujuan agar dengan ada nya keberagaman manusia itu,,manusia bisa saling mengenal,,Saling Silaturrahmi,,Saling menolong dan menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan,sehingga dapat menghilangkan sifat keegoisme pada diri manusia yang bisa merugikan keberagaman sebagai ciptaan ALLAH SWT,,,yang juga dapat mengganggu kenyamanan dan kedamaian dalam kehidupan.

HALAL BIHALAL yang di rangkum dalam acara Rumah Terbuka Aidilfitri di Negara Malaysia dan Open House di Masyarakat Indonesia,,dalam suasana suka cita kebahagiaan diadakan.

Di tuntut agar orang orang dapat menyambung hubungan yang putus,,mewujudkan keharmonisan dari sebuah konflik dan berbuat baik secara berkelanjutan.

Pesan yang diupayakan untuk di wujudkan melalui tradisi  Halal Bihalal bukan sekedar saling memaafkan,,Tapi mampu memciptakan toleransi,, persatuan dan Kedamaian antar sesama anak Bangsa bahkan antar Bangsa dan Negara di seluruh dunia..Karena itu tradisi Halal bihalal bukan hanya tradisi keagamaan,,tetapi juga pesan kemanusiaan,,kebangsaan dan kemaslahatan bersama secara Global,, yang dapat menjadi solusi berbagai konflik dan krisis kemanusiaan di seluruh dunia.
Komentar Anda

Berita Terkini