DPRD Batubara Gelar Sidang Paripurna Ranperda Kawasan Tanpa Rokok

/ Rabu, 08 Mei 2024 / 10.32

 Batubara. Topinformasi.com
Tingkatkan kualitas hidup masyarakat, DPRD Batubara menggelar sidang paripurna penyampaikan nota Ranperda inisiatif kawasan tanpa rokok. Sidang Paripurna tersebut dibuka Wakil Ketua DPR Ismar Khomri. Sidang paripurna juga dihadiri Pj Bupati Batubara Nizhamul. Rabu 8/5/2024.

Berjalannya Sidang Paripurna, Usman, SE,Msi, mewakili Pansus menjelaskan, Ranperda merupakan regulasi bagi masyarakat seiring dengan indikator peningkatan kualitas hidup dalam mendukung program pemerintah untuk menekan angka kematian akibat asap rokok dengan cara merubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat,  meningkatkan produktivitas serta mengoptimalkan kualitas udara yang sehat, bersih tanpa asap rokok. 

Dikatakannya, Ranperda ini sebagai bentuk tindak lanjut yang diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan yang wajib ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah kawasan tanpa rokok yang selanjutnya disingkat ktr adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan dan/atau memproduksi produk tembakau.

Ranperda kawasan tanpa rokok yang merupakan ranperda inisiatif DPRD disusun dengan pertimbangan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dari pengaruh buruk asap rokok, perlunya sosialisasi dan pemahaman serta pengetahuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai dampak rokok dan pentingnya kesehatan bagi kelangsungan pembangunan Daerah."ujarnya.

Pertimbangan lain yang melatar belakangi penyusunan ranperda ini adalah bahwa perilaku merokok dan paparan asap rokok mempunyai efek negatif bagi kesehatan dan kulaitas hidup sehingga diperlukan upaya pengendalian penggunaan rokok terhadap kesehatan individu, masyarakat dan lingkungan.

Dibeberkan Usman, dasar hukum yang menjadi pedoman dalam penyusunan ranperda inisiatif kawasan tanpa rokok ini adalah pasal 52 peraturan pemerintah nomor 109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan, peraturan ini mewajibkan pemerintah daerah menetapkan kawasan tanpa rokok melalui mekanisme peraturan daerah.

Dasar hukum yang juga merupakan pedoman dalam penyusunan ranperda ini adalah Undang – Undang Nomor 17 tahun 2023. pengusulan ranperda tentang kawasan tanpa rokok melalui inisiatif DPRD merupakan salah satu upaya untuk mempercepat terbitnya peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok."jelasnya.

Dengan adanya peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok maka daerah ataupun pemerintah kabupaten dapat memperoleh tambahan PAD yang bersumber dari DBHCT (Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau). Pada saat ini peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok hanya terdapat pada 5 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara.

Sementara untuk kabupaten Batubara sendiri kawasan tanpa rokok masih ditetapkan dalam bentuk peraturan Bupati, dan akan ditingkatkan menjadi peraturan daerah melalui usulan ranperda inisiatif DPRD Kabupaten Batubara dengan akd bapemperda yang bertindak sebagai pengusul.

Perlu kita ketahui, Ranperda ini disusun dengan tujuan utama untuk melindungi kesehatan perseorangan, keluarga, masyarakat, dan lingkungan dari bahaya bahan yang mengandung karsinogen, zat adiktif dalam produk tembakau yang dapat menyebabkan penyakit, kematian dan menurunkan kualitas hidup.

Tujuan lainnya adalah untuk melindungi penduduk usia produktif anak, remaja, dan perempuan hamil dari dorongan lingkungan dan pengaruh iklan serta promosi untuk inisiasi penggunaan dan ketergantungan terhadap bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau."sambungnya.

Ranperda ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya merokok dan manfaat hidup tanpa merokok serta melindungi kesehatan masyarakat  dari asap rokok,"tukas Usman. (dr)
Komentar Anda

Berita Terkini