TINGKATKAN SOFT SKILL, LPKA PALU-PKBM MULIA KASIH BERIKAN PELATIHAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR KEPADA ANAK BINAAN

/ Selasa, 19 Maret 2024 / 13.50
TOPINFORMASI.COM,PALU_ Mengusung Tema Meningkatkan Soft Skill bagi Generasi Muda Guna Mewujudkan Indonesia Emas, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu bersama Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mulia Kasih berikan Pelatihan Keterampilan Budidaya Ikan Air Tawar kepada anak binaan, Selasa (19/3) pagi.


Pelatihan keterampilan  merupakan Salah satu Program Wajib dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) yang harus diberikan oleh Lapas/Rutan/LPKA untuk para Warga Binaan/Anak binaan yang sedang menjalani masa pidana atau pembinaan. Kegiatan ini diberikan sebagai bekal untuk Warga Binaan/Anak Binaan saat kembali ke masyarakat.


Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, didampingi Kepala Seksi Pembinaan, Ida Bagus Kadek, dan Instruktur Pelatihan dari PKBM Mulia Kasih, Devlin, membuka secara langsung kegiatan pelatihan keterampilan ini. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Anak Binaan yang dianggap perlu untuk dibekali kegiatan pelatihan ini.


Dalam sambutannya, Revanda mengatakan bahwa melalui kegiatan ini semoga para anak binaan sekembalinya ke masyarakat dapat dijadikan kegiatan ini sebagai bekal untuk kemampuan di bidang perikanan


“Kegiatan ini kami berikan sebagai bekal keterampilan untuk kalian ketika bebas nanti.  Semoga kalian bisa mempraktekkannya sendiri saat berada diluar LPKA Palu, seperti yang kita ketahui bersama bahwa budidaya air tawar di Kota Palu sangat mudah untuk dilakukan asal kalian mau bersungguh-sungguh dan tekun melakukannya,” pesan Revanda kepada anak binaan saat memberikan sambutannya.


Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak PKBM Mulia Kasih yang membantu dan memberikan instruktur sehingga bisa melaksanakan kegiatan tersebut. Disisi lain, Devlin selaku Instruktur yang diwakili oleh PKBM Mulia kasih mengatakan bahwa komitmen PKBM Mulia Kasih adalah membantu LPKa Palu selaku mitra dalam memberikan Pendidikan dan juga Keterampilan bagi setiap anak binaan.


“Kurang lebih pelepasan pertama bibit ikan berjumlah 600 ekor, nantinya akan ditambahkan Kembali, semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar hingga masa panen nantinya,” tambahnya


Sementara itu, selaku instruktur, Devlin menjelaskan bahwa pelatihan keterampilan ini perlu adanya keseriusan dan komitmen yang dibangun dalam pemeliharaannya berupa pemberian pakan, pengecekan kualitas air dan sarana penutup pada kolam agar tidak terpapar langsung sinar matahari.


Dengan demikian, pelatihan keterampilan ini dapat menghasilkan ikan-ikan yang bermutu dan berkualitas, serta memberikan pengalaman dan menjadi dukungan tumbuh kembang bagi setiap anak dalam melakukan budidaya ikan air tawar.


“Pastinya kita akan memberikan pendampingan penuh kepada seluruh anak binaan, dan berharap memberikan bekal soft skill bagi mereka setelah bebas nanti,” unkap Devlin


Usai pembukaan kegiatan ini dilanjutkan dengan meninjau langsung lokasi pelaksanaan budidaya Ikan Air Tawar. Kepala LPKA Palu bersama Instruktur, para pejabat struktural dan Anak Binaan melakukan pelepasan bibit Ikan Mujair dan Nila serta pemberian pakan ikan.


Untuk diketahui kegiatan ini akan dilakukan kurang lebih selama tiga hari kedepan. Selanjutnya akan dilakukan pengawasan oleh petugas yang mempuni dan instruktur dalam pemberian pakan ikan, kebersihan kolam dan airnya. Pada keterampilan budidaya Ikan Air Tawar ini akan diberikan sertifikat kepada Anak Binaan sebagai bukti bahwa mereka telah melaksanakan kegiatan dengan baik.


HUMAS LPKA PALU
Komentar Anda

Berita Terkini