GEMA RAMADHAN 1445H, LPKA PALU MENGGELAR SHOLAT TARAWIH BERSAMA

/ Rabu, 13 Maret 2024 / 15.41
 

TOPINFORMASI.COM,Palu_Gema Bulan Suci Ramadhan 1445H, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palu menggelar Sholat Tarawih bersama, selasa (12/3) malam. Hal tersebut terlihat langsung saat Ustadz Agil memimpin jalannya sholat tarawih yang diikuiti oleh Petugas dan 21 orang Anak Binaan LPKA Palu.


“Selama satu bulan mendatang, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa, tak terkecuali bagi Anak Binaan di LPKA Palu. Bersamaan dengan puasa tersebut, setiap malam Ramadhan akan diisi dengan sholat Tarawih berjamaah. Dalam hal ini, kita semua memberikan ruang bagi Anak Binaan untuk bisa menjalankan ibadah dengan sebagaimana mestinya,” ujar Ustd Agil di Musholah LPKA Palu.


Keutamaan Sholat Tarawih berbeda setiap harinya, seperti diampuni dosanya oleh Allah SWT dan kembali seperti baru dilahirkan, hingga mendapat pahala layaknya orang yang membaca kitab Taurot, Zabur, Injil dan Al-Qur’an. Sholat Tarawih hukumnya sunnah yang dianjurkan.


Dengan membawakan ceramah yang berjudul amalan shaleh di bulan puasa, Ustd. Agil menyampaikan pesan-pesan dan manfaat serta kenikmatan yang didapatkan dari berpuasa.


“Sebagai umat muslim sudah menjadi kewajiban untuk kita semua menjalankan ibadah puasa ini dengan baik. Ambil setiap manfaatnya, jadikan sebagai pedoman dan pembelajaran hidup,” pesan Ustd. Agil


Secara bersama-sama Anak Binaan melaksanakan sholat Tarawih dengan tetap dalam pengawasan oleh petugas jaga, petugas piket Tarawih, dan petugas bantuan piket malam.


Taufiq selaku Petugas yang ikut melaksanakan sholat Tarawih bersama anak binaan mengatakan bahwa kebebasan untuk beribadah adalah yang utama. Dengan turut memfasilitasi anak binaan sholat Tarawih dan mendatangkan Ustadz maka pelaksanaan ini terasa khidmat.


“Sesuai dengan petunjuk dan arahan kepala LPKA Palu, segala bentuk pembinaan kepribadian harus betul-betul dipersiapkan dengan baik apalagi sekarang memasuki bulan suci ramadhan, rangkaian kegiatan keagamaan pasti lebih banyak, sehingga dengan memfasilitasi anak penambahan jam beribadah di Musholla dan mendatangkan Ustadz, semoga ini memberikan manfaat baik anak binaan ke depannya,” jelas Taufiq.


Sementara itu Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengatakan bahwa dalam melaksanakan sholat Tarawih seluruh Anak Binaan tetap dalam pengawasan petugas sebagaimana merujuk pada arahan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar yang menegaskan untuk tetap menerapkan 3+1 kunci Pemasyarakatan Maju.

“Tentunya karena ini kita laksanakan pada malam hari, petugas pengamanan kita siagakan secara ekstra untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif. Jangan sampai ada terjadi gangguan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan sholat Tarawih. Dalam melakukan pengawasan tetap utamakan rasa nyaman dan ramah anak sehingga anak tidak merasa terganggu saat beribadah,” ungkap Revanda

“Tentu 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju tetap menjadi acuan kita dalam bertugas yakni, Deteksi Dini, Berperan aktif dalam pemberantasan peredaran narkoba, serta membangun Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum lainnya,” tutupnya

Komentar Anda

Berita Terkini