Catat!Modus Dugaan Pungli di Rutan Kelas 1 Medan,Ini Penjelasannya

/ Minggu, 17 Maret 2024 / 12.28

TOPINFORMASI.COM,Dari hasil rekaman yang ditemukan awak media online Topinformasi yang di upload oleh salah satu Media Online di Medan,Tentang Modus dugaan beragam pungli di Rutan Kelas 1 Medan di Tanjunggusta ,Tapi diedisi ini kami mengulik hanya 1 model modus dugaan pungli tersebut, Minggu (17/3)

Dari rekaman tersebut untuk keluar rutan (bebas bersyarat), pun penghuni rutan dimintai uang; mulai Rp1,5 juta sampai Rp5 juta.

"Setiap penghuni rutan diminta bayar 1,5 juta sampai 5 juta oleh petugas, dipatok tarif. Kalau cuma ngasih 500 ribu.

"Misalnya dia (napi) bebas hari Kamis, kalau gak setor ke petugas, maka pembebasannya diundur sampai napi setor uang ke pegawai rutan. Alasannya putusan bebas dari Kemenkumham Pusat belum turun ke Rutan,"ungkap Bejo (sebut saja begitu), seorang mantan penghuni rutan yang baru bebas beberapa bulan lalu.

Para napi yang akan bebas menyetor dengan secara transaksi tunai hingga transfer ke rekening.

Bejo mengurai jika dilakukan dengan cara transfer, pelaku menggunakan rekening pihak ketiga.

Bejo juga menenggarai bahwa dugaan pungutan liar di Rutan Kelas 1 Medan sudah berlangsung lama. "Ah mungkin sudah menjadi tradisi dari zaman dulu kala kalau pungli disana (Rutan Medan), bang. Coba aja tanyai mantan-mantan napi yang sudah bebas. Pasti dimintai uang, kalau nggak diundur-undur  pembebasannya," tambahnya.

Sementara Karutan Kelas I Tanjung Gusta Medan ketika dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp terkait dengan rekaman percakapan yang beredar mengatakan  tidak ada pungli dirutan ya bg,Semua layanan kita gratis ,Jelas Karutan Nimrod.
Komentar Anda

Berita Terkini